PENGELOLAAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY ALFAMART SME S PT SUMBER ALFARIA TRIJAYA TBK DALAM MENGEMBANGKAN CITRA SEBAGAI PERUSAHAAN YANG PEDULI TERHADAP PELAKU UMKM
Daftar Isi:
- Corporate Social Responsibility is a program organized by companies as a form of social or environmental responsibility. In developing good relations in the eyes of the community, the company makes programs for these stakeholders through the implementation of Corporate Social Responsibility (CSR) programs. This program is aimed at external stakeholders and internal stakeholders. The research period was conducted in August 2018 - February 2019. The purpose of this study was to determine the reasons, planning, implementation, and evaluation of Corporate Social Responsibility at PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk in developing the image of a company that cares for UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) through the Alfamart Smes program (Small, Medium, Entrepreneurs). Alfamart Smes is Alfamart's Corporate Social Responsibility program related to care for UMKM. The stages in managing this Corporate Social Responsibility program were presented by Scott M. Cutlip & Allen. This research paradigm uses a qualitative approach with a case study method. Data analysis techniques, the author uses qualitative analysis techniques and for data collection techniques through interviews with key informants and informants PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. The results of this study discuss how to manage the Corporate Social Responsibility program of PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk in building a positive image through the Alfamart Smes program. Starting from the problem search phase to program evaluation. Thus the researcher concludes that the program activities The results of this study indicate that the management of the CSR program of PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk is appropriate, where the CSR program is carried out in accordance with the concept, and also the concept of sustainable development. Alfamart Smes CSR Program can be said to be successful in developing the company's image. This is seen from the increase in awards achieved by Alfamart after running CSR from 2008, testimony from the public, as well as the increase in UKM binaan Alfamart (Outlet Binaan Alfamart). Keywords: Corporate Social Responsibility, UMKM, Alfamart Smes, Citra Corporate Social Responsibility adalah program yang diselenggarakan oleh perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab sosial atau lingkungan. Dalam mengembangkan hubungan baik di mata masyarakat maka perusahaan membuat program-program bagi stakeholder-stakeholder tersebut melalui pelaksanaan program Corporate Social Responsibility (CSR). Program ini ditujukan pada stakeholder eksternal maupun stakeholder internal. Periode penelitian ini dilakukan pada Agustus 2018 – Februari 2019. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui alasan, perencanaan, implementasi, dan evaluasi Corporate Social Responsibility PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk dalam mengembangkan citra sebagai perusahaan yang peduli terhadap pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) melalui program Alfamart Smes (Small, Medium, Enterpreneurs). Alfamart Smes adalah program Corporate Social Responsibility Alfamart terkait kepedulian terhadap UMKM. Adapun tahapan-tahapan dalam pengelolaan program Corporate Social Responsibility ini yang dikemukakan oleh Scott M. Cutlip & Allen. Paradigma penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik analisa datanya, penulis menggunakan teknik analisa kualitatif dan untuk teknik pengumpulan data melalui wawancara terhadap key informan dan informan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Hasil penelitian ini membahas mengenai bagaimana pengelolaan program Corporate Social Responsibility PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk dalam membangun citra positif melalui program Alfamart Smes. Dimulai dari tahapan pencarian masalah hingga evaluasi program. Dengan demikian peneliti menyimpulkan bahwa kegiatan program Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan program CSR PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk sudah tepat, di mana program CSR yang dijalankan sesuai dengan konsep, dan juga konsep sustainable development. Program CSR Alfamart Smes dapat dikatakan berhasil dalam mengembangkan citra perusahaan. Hal ini dilihat dari peningkatan penghargaan yang diraih Alfamart setelah menjalankan CSR dari tahun 2008, testimoni masyarakat, juga meningkatnya UKM binaan Alfamart (Outlet Binaan Alfamart). Kata kunci : Corporate Social Responsibility, UMKM, Alfamart Smes, Citra.