PENGELOLAAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY ALFAMART SME S PT SUMBER ALFARIA TRIJAYA TBK DALAM MENGEMBANGKAN CITRA SEBAGAI PERUSAHAAN YANG PEDULI TERHADAP PELAKU UMKM
ctrlnum |
52729 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.mercubuana.ac.id/52729/</relation><title>PENGELOLAAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY ALFAMART SME S PT SUMBER ALFARIA TRIJAYA TBK DALAM MENGEMBANGKAN CITRA SEBAGAI PERUSAHAAN YANG PEDULI TERHADAP PELAKU UMKM</title><creator>OVIANI, UNI</creator><subject>006.77 Programming For Specific Types of Computers, For Specific Operating Systems, For Specific User Interfaces/Pemrograman Untuk Jenis Komputer Tertentu, Untuk Sistem Operasi Tertentu, Khusus untuk Tampilan Antarmuka Pengguna</subject><subject>011.77 Computer Programs/Program Komputer</subject><subject>659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat</subject><subject>659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat</subject><description>Corporate Social Responsibility is a program organized by companies as a form of
social or environmental responsibility. In developing good relations in the eyes of the
community, the company makes programs for these stakeholders through the implementation of
Corporate Social Responsibility (CSR) programs. This program is aimed at external stakeholders
and internal stakeholders.
The research period was conducted in August 2018 - February 2019. The purpose of
this study was to determine the reasons, planning, implementation, and evaluation of Corporate
Social Responsibility at PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk in developing the image of a company
that cares for UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) through the Alfamart Smes program (Small,
Medium, Entrepreneurs). Alfamart Smes is Alfamart's Corporate Social Responsibility program
related to care for UMKM. The stages in managing this Corporate Social Responsibility program
were presented by Scott M. Cutlip & Allen. This research paradigm uses a qualitative approach
with a case study method. Data analysis techniques, the author uses qualitative analysis
techniques and for data collection techniques through interviews with key informants and
informants PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk.
The results of this study discuss how to manage the Corporate Social
Responsibility program of PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk in building a positive image through
the Alfamart Smes program. Starting from the problem search phase to program evaluation. Thus
the researcher concludes that the program activities The results of this study indicate that the
management of the CSR program of PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk is appropriate, where the
CSR program is carried out in accordance with the concept, and also the concept of sustainable
development. Alfamart Smes CSR Program can be said to be successful in developing the
company's image. This is seen from the increase in awards achieved by Alfamart after running
CSR from 2008, testimony from the public, as well as the increase in UKM binaan Alfamart (Outlet
Binaan Alfamart).
Keywords: Corporate Social Responsibility, UMKM, Alfamart Smes, Citra

Corporate Social Responsibility adalah program yang diselenggarakan oleh
perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab sosial atau lingkungan. Dalam mengembangkan
hubungan baik di mata masyarakat maka perusahaan membuat program-program bagi
stakeholder-stakeholder tersebut melalui pelaksanaan program Corporate Social
Responsibility (CSR). Program ini ditujukan pada stakeholder eksternal maupun stakeholder
internal.
Periode penelitian ini dilakukan pada Agustus 2018 – Februari 2019. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui alasan, perencanaan, implementasi, dan evaluasi
Corporate Social Responsibility PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk dalam mengembangkan citra
sebagai perusahaan yang peduli terhadap pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
melalui program Alfamart Smes (Small, Medium, Enterpreneurs). Alfamart Smes adalah
program Corporate Social Responsibility Alfamart terkait kepedulian terhadap UMKM.
Adapun tahapan-tahapan dalam pengelolaan program Corporate Social Responsibility ini
yang dikemukakan oleh Scott M. Cutlip & Allen. Paradigma penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik analisa datanya, penulis
menggunakan teknik analisa kualitatif dan untuk teknik pengumpulan data melalui
wawancara terhadap key informan dan informan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk.
Hasil penelitian ini membahas mengenai bagaimana pengelolaan program Corporate
Social Responsibility PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk dalam membangun citra positif melalui
program Alfamart Smes. Dimulai dari tahapan pencarian masalah hingga evaluasi program.
Dengan demikian peneliti menyimpulkan bahwa kegiatan program Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa pengelolaan program CSR PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk sudah tepat,
di mana program CSR yang dijalankan sesuai dengan konsep, dan juga konsep sustainable
development. Program CSR Alfamart Smes dapat dikatakan berhasil dalam mengembangkan
citra perusahaan. Hal ini dilihat dari peningkatan penghargaan yang diraih Alfamart setelah
menjalankan CSR dari tahun 2008, testimoni masyarakat, juga meningkatnya UKM binaan
Alfamart (Outlet Binaan Alfamart).
Kata kunci : Corporate Social Responsibility, UMKM, Alfamart Smes, Citra.</description><date>2019-12-11</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/52729/1/1.%20Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/52729/2/2.%20Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/52729/3/3.%20Lembar%20Pernyataan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/52729/4/4.%20Lembar%20Pengesahan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/52729/5/5.%20Kata%20Pengantar.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/52729/6/6.%20Daftar%20Isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/52729/7/7.%20Daftar%20Gambar.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/52729/8/8.%20Daftar%20Lampiran.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/52729/9/9.%20Bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/52729/10/10.%20Bab%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/52729/11/11.%20Bab%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/52729/12/12.%20Bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/52729/13/13.%20Bab%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/52729/14/14.%20Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/52729/15/15.%20Lampiran.pdf</identifier><identifier> OVIANI, UNI (2019) PENGELOLAAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY ALFAMART SME S PT SUMBER ALFARIA TRIJAYA TBK DALAM MENGEMBANGKAN CITRA SEBAGAI PERUSAHAAN YANG PEDULI TERHADAP PELAKU UMKM. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta. </identifier><recordID>52729</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
OVIANI, UNI |
title |
PENGELOLAAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY ALFAMART SME S PT SUMBER ALFARIA TRIJAYA TBK DALAM MENGEMBANGKAN CITRA SEBAGAI PERUSAHAAN YANG PEDULI TERHADAP PELAKU UMKM |
publishDate |
2019 |
topic |
006.77 Programming For Specific Types of Computers For Specific Operating Systems For Specific User Interfaces/Pemrograman Untuk Jenis Komputer Tertentu Untuk Sistem Operasi Tertentu Khusus untuk Tampilan Antarmuka Pengguna 011.77 Computer Programs Program Komputer 659 Advertising and Public Relations/Periklanan Reklame Pariwara Iklan Sponsor Humas Hubungan Masyarakat 659.2 Public Relations |
url |
http://repository.mercubuana.ac.id/52729/1/1.%20Cover.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/52729/2/2.%20Abstrak.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/52729/3/3.%20Lembar%20Pernyataan.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/52729/4/4.%20Lembar%20Pengesahan.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/52729/5/5.%20Kata%20Pengantar.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/52729/6/6.%20Daftar%20Isi.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/52729/7/7.%20Daftar%20Gambar.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/52729/8/8.%20Daftar%20Lampiran.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/52729/9/9.%20Bab%201.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/52729/10/10.%20Bab%202.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/52729/11/11.%20Bab%203.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/52729/12/12.%20Bab%204.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/52729/13/13.%20Bab%205.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/52729/14/14.%20Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/52729/15/15.%20Lampiran.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/52729/ |
contents |
Corporate Social Responsibility is a program organized by companies as a form of
social or environmental responsibility. In developing good relations in the eyes of the
community, the company makes programs for these stakeholders through the implementation of
Corporate Social Responsibility (CSR) programs. This program is aimed at external stakeholders
and internal stakeholders.
The research period was conducted in August 2018 - February 2019. The purpose of
this study was to determine the reasons, planning, implementation, and evaluation of Corporate
Social Responsibility at PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk in developing the image of a company
that cares for UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) through the Alfamart Smes program (Small,
Medium, Entrepreneurs). Alfamart Smes is Alfamart's Corporate Social Responsibility program
related to care for UMKM. The stages in managing this Corporate Social Responsibility program
were presented by Scott M. Cutlip & Allen. This research paradigm uses a qualitative approach
with a case study method. Data analysis techniques, the author uses qualitative analysis
techniques and for data collection techniques through interviews with key informants and
informants PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk.
The results of this study discuss how to manage the Corporate Social
Responsibility program of PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk in building a positive image through
the Alfamart Smes program. Starting from the problem search phase to program evaluation. Thus
the researcher concludes that the program activities The results of this study indicate that the
management of the CSR program of PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk is appropriate, where the
CSR program is carried out in accordance with the concept, and also the concept of sustainable
development. Alfamart Smes CSR Program can be said to be successful in developing the
company's image. This is seen from the increase in awards achieved by Alfamart after running
CSR from 2008, testimony from the public, as well as the increase in UKM binaan Alfamart (Outlet
Binaan Alfamart).
Keywords: Corporate Social Responsibility, UMKM, Alfamart Smes, Citra
Corporate Social Responsibility adalah program yang diselenggarakan oleh
perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab sosial atau lingkungan. Dalam mengembangkan
hubungan baik di mata masyarakat maka perusahaan membuat program-program bagi
stakeholder-stakeholder tersebut melalui pelaksanaan program Corporate Social
Responsibility (CSR). Program ini ditujukan pada stakeholder eksternal maupun stakeholder
internal.
Periode penelitian ini dilakukan pada Agustus 2018 – Februari 2019. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui alasan, perencanaan, implementasi, dan evaluasi
Corporate Social Responsibility PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk dalam mengembangkan citra
sebagai perusahaan yang peduli terhadap pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
melalui program Alfamart Smes (Small, Medium, Enterpreneurs). Alfamart Smes adalah
program Corporate Social Responsibility Alfamart terkait kepedulian terhadap UMKM.
Adapun tahapan-tahapan dalam pengelolaan program Corporate Social Responsibility ini
yang dikemukakan oleh Scott M. Cutlip & Allen. Paradigma penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik analisa datanya, penulis
menggunakan teknik analisa kualitatif dan untuk teknik pengumpulan data melalui
wawancara terhadap key informan dan informan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk.
Hasil penelitian ini membahas mengenai bagaimana pengelolaan program Corporate
Social Responsibility PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk dalam membangun citra positif melalui
program Alfamart Smes. Dimulai dari tahapan pencarian masalah hingga evaluasi program.
Dengan demikian peneliti menyimpulkan bahwa kegiatan program Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa pengelolaan program CSR PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk sudah tepat,
di mana program CSR yang dijalankan sesuai dengan konsep, dan juga konsep sustainable
development. Program CSR Alfamart Smes dapat dikatakan berhasil dalam mengembangkan
citra perusahaan. Hal ini dilihat dari peningkatan penghargaan yang diraih Alfamart setelah
menjalankan CSR dari tahun 2008, testimoni masyarakat, juga meningkatnya UKM binaan
Alfamart (Outlet Binaan Alfamart).
Kata kunci : Corporate Social Responsibility, UMKM, Alfamart Smes, Citra. |
id |
IOS5909.52729 |
institution |
Universitas Mercu Buana |
institution_id |
134 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Mercu Buana |
library_id |
542 |
collection |
Repository Universitas Mercu Buana |
repository_id |
5909 |
subject_area |
Econmics/Ilmu Ekonomi Communication/Komunikasi Engineering/Ilmu Teknik Measurement/Teknik Desain, Pengujian, Pengukuran, Kualitas, Perawatan, Pemeliharaan, Perbaikan |
city |
Jakarta Barat |
province |
DKI JAKARTA |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS5909 |
first_indexed |
2019-12-16T05:36:50Z |
last_indexed |
2019-12-16T05:36:50Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1685794919573094400 |
score |
17.538404 |