STRATEGI KOMUNIKASI DALAM SOSIALISASI TERHADAP KARYAWAN MENGENAI PERATURAN PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada PT.Elite Prima Hutama (Management Office Mall Kota Kasablanka) Periode Oktober 2018 - November 2018)
Daftar Isi:
- Untuk menjaga kualitas sumber daya manusia-nya, PT. Elite Prima Hutama mengatur banyak hal agar kewajiban dan hak karyawan pada PT. Elite Prima Hutama tetap seimbang. Namun karena banyaknya sumber daya manusia yang dikelola, seringkali informasi mengenai peratuan perusahaan terkait hak dan kewajiban karyawan menjadi hal yang simpang siur di kalangan karyawan itu sendiri. Banyak hal-hal yang sering disalahpahami oleh karyawan karena tidak jelasnya informasi yang datang kepada mereka. Harusnya mereka mendapatkan informasi dari sumber yang tepat. Dan semestinya juga pihak pengurus perusahaan memfasilitasi para karyawannya untuk diberikan sosialisasi yang memfokuskan untuk membahas peraturan perusahaan dimana mereka bisa langsung menanyakan hal-hal yang kurang jelas pada peraturan perusahaan kepada department terkait, yaitu Human Resources Department. Untuk menjawab permasalahan pokok, peneliti menggunakan teori strategi perencanaan komunikasi alur tanda “?”. Teori ini menjelaskan secara mendalam tentang strategi komunikasi pada sosialisasi mengenai peraturan perusahaan terhadap karyawan di PT. Elite Prima Hutama. Penelitian ini menggunakan paradigma post-positivis dan penelitian bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipan dan didukung oleh data primer yang diperoleh dari key informan melalui wawancara mendalam dan dokumentasi berupa kata – kata. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa di PT. Elite Prima Hutama terdapat hal-hal yang harus diperbaiki dalam sosialisasi peraturan perusahaan yang dijalankan. hal ini dilakukan agar sosialisasi selanjutnya dapat berjalan lebih baik lagi. hal yang harus diperbaiki diantaranya adalah menetapkan tujan yang ingin dicapai, menentukan seberapa banyak komitmen yang diperlukan, membuat rencana komunikasi, dan mengukur keberhasilan yang dicapai. Kata kunci : Strategi Komunikasi, Peraturan Perusahan