PENGARUH CELEBRITY ENDORSER AFGAN DALAM TVC KOPI GOOD DAY ORIGINALE CAPPUCINO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Survey Pada Komunitas Fans Club Afgan di Tangerang)
Daftar Isi:
- This research is based on the background of the many companies that issue coffee beverage products ready to drink in bottles of polyethylene terephthalate (PET) bottles, which has resulted in increasingly fierce competition. The using of celebrity endorsers here is expected that the public can recognize and give their own attention to the product advertised because of the charm that they click on. This research aims to determine the effect of using celebrity endorser Afgan in the product of TVC Good Day originale cappucino coffee on consumer purchasing decisions. In this research using TEARS celebrity endorser attributes, they are Truthwortiness, Expertise, Attractiveness, Respect, and Similarity. And also the AIDDA theory, they are Attention, Interest, Desire, Decision and Action. The type of research conducted is a correlative explanatory research type. The research method used is a quantitative approach with a survey method. This research was conducted with purposive sampling data collection techniques. Respondents in this research amounted to 64 from Instagram followers of the Afgan fans club community in Tangerang (Afganisme Tangerang). The result show that the influence of using celebrity endorser Afgan in Good Day Originale Cappuccino coffee TVC on consumer purchasing decisions have a constribution of 64,1% (41 respondents) and the most dominant are Trustworthiness element. From this research it can be concluded that there is an influence of celebrity endorser on consumer purchasing decisions in the Afgan fans club community in Tangerang (Afganisme Tangerang). Key Word: TVC, celebrity endorser, Consumer Purchasing decision Penelitian ini di latar belakangi oleh banyaknya perusahaan yang mengeluarkan produk minuman kopi siap minum dalam kemasan botol polyethylene terephthalate (PET), yang mengakibatkan persaingan semakin ketat. Penggunaan celebrity endorser disini diharapkan khalayak dapat mengenali dan memberikan perhatian tersendiri terhadap produk yang diiklankan karena pesona yang dimlikinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan celebrity endorser Afgan dalam TVC kopi Good Day originale cappuccino terhadap keputusan pembelian konsumen. Dalam penelitian ini menggunakan atribut celebrity endorser TEARS yaitu Truthwortiness (kepercayaan), Expertise (keahlian), Attractiveness (daya tarik), Respect (kekaguman), dan Similarity (kesamaan). Dan juga teori AIDDA yaitu Attention (perhatian), Interest (ketertarikan), Desire (minat), Decision (keputusan) dan Action (tindakan). Jenis penelitian yang dilakukan adalah tipe penilitian eksplanatif korelasional. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Penelitian ini dilakukan dengan teknik pengumpulan data purposive sampling. Responden dalam penelitian ini berjumlah 64 dari followers Instagram komunitas fans club Afgan yang berada di Tangerang. Berdasarkan pada hasil penelitian yang di dapatkan dari pengaruh penggunaan celebrity endorser Afgan dalam TVC kopi Good Day Originale Cappuccino terhadap keputusan pembelian konsumen memiliki pengaruh sebesar 64,1 % (41 responden) dan paling dominan pada unsur Trustworthiness (kepercayaan). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh celebrity endorser terhadap keputusan pembelian konsumen pada komunitas fans club Afgan di Tangerang (Afganisme Tangerang). Kata kunci: TVC, Celebrity Endorser, Keputusan Pembelian Konsumen.