Daftar Isi:
  • Televisi adalah media massa sangat terbukti sangat mempengaruhi audiensnya. Televisi juga mempunyai nilai positive dan negative kepada audiens yang menggunakannya. Siaran televise sesuai dengan sifatnya yang dapat dinikmati secara audio visual merupakan media paling bepengaruh dalam membentuk sikap,kepribadian dan pengetahuan masyarakat Dalam penelitian ini, dampak komunikasi berkaitan dengan Teori Uses and Effects. Teori ini menjelaskan tentang bagaimana media itu digunakan dan menimbulkan efek atas penggunaan media tersebut sebagai sumber informasi. Sejalan dengan teori ini, khalayak menerima dampak yang ditimbulkan setelah menonton Tayangan Ok Food memberikan efek kepada khalayaknya. Dampak yang diterima adalah minat berwisata kuliner di tayangan Ok Food Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian eksplanatif. Metode yang digunakan yaitu menggunakan metode survey dengan kuisioner sebagai instrumen utama untuk mendapatkan informasi dari sejumlah responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat probabilitas sebesar 0,000 yakni jauh lebih kecil dari nilai taraf signifikasi sebesar 0,05 (taraf signifikasi α = 5%) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, atau dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Tayangan Terpaan Media terhadap Minat Mahasiswa Dalam Berwisata kuliner, dengan angka korelasi sebesar 0,566 yang menunjukan bahwa tingkat hubungan (korelasi) pada penelitian ini tergolong cukup, positif dan searah. Kata kunci : Minat dan Teori Uses and Effects