PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK, KUALITAS PELAYANAN DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Survei Pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang Melakukan Pekerjaan UMKM yang Berdomisili Di Kosambi Kab. Tangerang)
Daftar Isi:
- This study aims to determine the effect of taxpayer awareness, service quality and tax sanctions on taxpayer compliance. Independent variables in this study are taxpayer awareness, service quality and tax sanctions while the dependent variable in this study is taxpayer compliance. Data were collected by distributing questionnaires using convenience sampling method. Respondents in this study are taxpayers of private entrepreneurs who are domiciled in Kosambi, Kab. Tangerang. The number of questionnaires analyzed was 100 questionnaires. Data analysis technique used in this research is multiple regression analysis. Based on the results of this study shows that the awareness of taxpayers and service quality have a positive and significant impact on taxpayer compliance. While tax sanction does not affect taxpayer compliance. Keywords : taxpayer awareness, service quality, tax sanction, taxpayer compliance Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak. Variable independen dalam penelitian ini adalah kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan dan sanksi pajak sedangkan variable dependen dalam penelitian ini adalah kepatuhan wajib pajak . Data dikumpulkan dengan cara menyebar kuesioner dengan menggunakan metode convenience sampling. Responden dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi usahawan yang berdomisili di Kosambi, Kab. Tangerang . Jumlah kuesioner yang dianalisis adalah 100 kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa kesadaran wajib pajak dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Sedangkan sanksi pajak tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak. Kata Kunci : kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan, sanksi pajak, kepatuhan wajib pajak