STRATEGI PUBLIC RELATIONS PT SURVEYOR INDONESIA DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF MELALUI PROGRAM CSR BUMN MENGAJAR DI SMK PUTRA BANGSA - BANTEN
Daftar Isi:
- Untuk membangun citra positif serta mempertahankan eksistensi perusahaan maka Public Relations PT Surveyor Indonesia melakukan strategi untuk mengembangkan tanggung jawab sosial perusahaan. Sebagai sebuah perusahaan BUMN PT Surveyor Indonesia diharapkan selain berdimensi ekonomi juga berdimensi sosial. Dimensi sosial yang dimaksud ialah dengan melakukan tanggung jawab sosial perusahaan. Khusunya kepada masyarakat sekitar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif. Metode penelitian kualitatif deskriptif adalah metode yang berlandaskan pada kondisi objek yang alamiah sesuai dengan kenyataan, peneliti menganalisa data bersifat deskriptif yaitu menggambarkan realitas yang dikaji. Informan utama dalam penelitian ini bersumber dari divisi public relations PT. Surveyor Indonesia dan Divisi PKBL.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggambarkan strategi membangun citra lewat kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR). Program CSR yang dilakukan ialah di bidang pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi public relations dalam membangun corporate image oleh divisi public relations melalui program CSR “BUMN Mengajar”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui strategi public relations yang dijalankan, dapat dirasakan manfaatnya adalah terjalinnya hubungan baik dengan publik eksternal dan meningkatnya citra positif perusahaan di mata masyarakat. Kata Kunci : strategi, citra positif, tanggungjawab sosial perusahaan (CSR)