ctrlnum 41260
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.mercubuana.ac.id/41260/</relation><title>REPRESENTASI TUBUH WANITA DALAM IKLAN SABUN LUX DI&#xD; TELEVISI&#xD; (Analisis Semiotika Roland Barthes)</title><creator>SUSANTO, AYU INTAN PARAMITHA PATMAWATI</creator><subject>070.19 Broadcast Media/Media Broadcast</subject><subject>070.48337 Young Women/Wanita Muda</subject><subject>128.6 Body/Tubuh</subject><subject>741.67 Advertisement and Posters/Iklan dan Poster</subject><description>LUX selalu menampilkan perempuan-perempuan cantik untuk menjadi ikon&#xD; produknya. Karena identik dengan iklan yang eksklusif dan bintang-bintang papan atas&#xD; Indonesia, iklan LUX selalu menarik dan disukai pemirsanya baik laki-laki maupun&#xD; perempuan. Iklan dalam produk sabun kecantikan LUX rupanya mempunyai banyak&#xD; makna yang terpendam. Representasi yang ditampilkan oleh model perempuan dalam&#xD; iklan tersebut ternyata memuat banyak ideologi yang sengaja ditampilkan secara implisit.&#xD; Ada dua proses representasi yaitu representasi mental dan representasi bahasa.&#xD; Representasi mental adalah konsep tentang &#x201C;sesuatu&#x201D; yang ada dikepala kita masingmasing,&#xD; representasi ini masih berbentuk sesuatu yang abstrak. Sedangkan representasi&#xD; bahasa adalah representasi yang berperan penting dalam konstruksi makna. Konsep&#xD; abstrak yang ada dalam kepala kita diterjemahkan dalam bahasa yang lazim, supaya kita&#xD; dapat menghubungkan konsep dan ide-ide kita tentang sesuatu dengan tanda-tanda dan&#xD; simbol - simbol tertentu.&#xD; Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode semiotika dari&#xD; Roland Barthes. Metode semiotika dari Roland Barthes sangat cocok untuk dijadikan&#xD; pisau analisis dalam penelitian ini karena bisa mengungkap makna-makna tersembunyi di&#xD; dalam teks, tanda, serta mitos dalam iklan sabun LUX.&#xD; Penelitian ini menggunakan iklan LUX di televisi versi objek Tamara Bleszynki,&#xD; Dian Sastrowadoyo, Atiqah Hasiholan dan Mariana Renata. Observasi mendalam&#xD; dilakukan terhadap iklan sehingga bisa didapatkan deskripsi iklan yang mendetail.&#xD; Deskripsi ini meliputi aspek visual dan verbal pada iklan tersebut. Analisis semiotik ini&#xD; akan menemukan makna-makna teks yang tersembunyi. Kemewahan dan keglamouran&#xD; visual iklan ini memberikan makna bagi konsumennya ketika kita telah memakai sabun&#xD; LUX, identitas kita akan naik serupa bintang karena aura kita telah sama dengan para&#xD; bintang.</description><date>2018-02-10</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41260/1/03.ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41260/2/01.HALAMAN%20JUDUL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41260/3/02.LEMBAR%20PERSETUJUAN%2C%20TANDA%20LULUS%20%26%20PENGESAHAN%20PERBAIKAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41260/4/04.KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41260/5/05.DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41260/6/06.DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41260/7/07.BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41260/8/08.BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41260/9/09.BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41260/10/10.BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41260/11/11.BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41260/12/12.DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41260/13/13.LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> SUSANTO, AYU INTAN PARAMITHA PATMAWATI (2018) REPRESENTASI TUBUH WANITA DALAM IKLAN SABUN LUX DI TELEVISI (Analisis Semiotika Roland Barthes). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta. </identifier><recordID>41260</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author SUSANTO, AYU INTAN PARAMITHA PATMAWATI
title REPRESENTASI TUBUH WANITA DALAM IKLAN SABUN LUX DI TELEVISI (Analisis Semiotika Roland Barthes)
publishDate 2018
topic 070.19 Broadcast Media
Media Broadcast
070.48337 Young Women
Wanita Muda
128.6 Body
Tubuh
741.67 Advertisement and Posters
Iklan dan Poster
url http://repository.mercubuana.ac.id/41260/1/03.ABSTRAK.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/41260/2/01.HALAMAN%20JUDUL.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/41260/3/02.LEMBAR%20PERSETUJUAN%2C%20TANDA%20LULUS%20%26%20PENGESAHAN%20PERBAIKAN.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/41260/4/04.KATA%20PENGANTAR.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/41260/5/05.DAFTAR%20ISI.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/41260/6/06.DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/41260/7/07.BAB%20I.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/41260/8/08.BAB%20II.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/41260/9/09.BAB%20III.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/41260/10/10.BAB%20IV.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/41260/11/11.BAB%20V.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/41260/12/12.DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/41260/13/13.LAMPIRAN.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/41260/
contents LUX selalu menampilkan perempuan-perempuan cantik untuk menjadi ikon produknya. Karena identik dengan iklan yang eksklusif dan bintang-bintang papan atas Indonesia, iklan LUX selalu menarik dan disukai pemirsanya baik laki-laki maupun perempuan. Iklan dalam produk sabun kecantikan LUX rupanya mempunyai banyak makna yang terpendam. Representasi yang ditampilkan oleh model perempuan dalam iklan tersebut ternyata memuat banyak ideologi yang sengaja ditampilkan secara implisit. Ada dua proses representasi yaitu representasi mental dan representasi bahasa. Representasi mental adalah konsep tentang “sesuatu” yang ada dikepala kita masingmasing, representasi ini masih berbentuk sesuatu yang abstrak. Sedangkan representasi bahasa adalah representasi yang berperan penting dalam konstruksi makna. Konsep abstrak yang ada dalam kepala kita diterjemahkan dalam bahasa yang lazim, supaya kita dapat menghubungkan konsep dan ide-ide kita tentang sesuatu dengan tanda-tanda dan simbol - simbol tertentu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode semiotika dari Roland Barthes. Metode semiotika dari Roland Barthes sangat cocok untuk dijadikan pisau analisis dalam penelitian ini karena bisa mengungkap makna-makna tersembunyi di dalam teks, tanda, serta mitos dalam iklan sabun LUX. Penelitian ini menggunakan iklan LUX di televisi versi objek Tamara Bleszynki, Dian Sastrowadoyo, Atiqah Hasiholan dan Mariana Renata. Observasi mendalam dilakukan terhadap iklan sehingga bisa didapatkan deskripsi iklan yang mendetail. Deskripsi ini meliputi aspek visual dan verbal pada iklan tersebut. Analisis semiotik ini akan menemukan makna-makna teks yang tersembunyi. Kemewahan dan keglamouran visual iklan ini memberikan makna bagi konsumennya ketika kita telah memakai sabun LUX, identitas kita akan naik serupa bintang karena aura kita telah sama dengan para bintang.
id IOS5909.41260
institution Universitas Mercu Buana
institution_id 134
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mercu Buana
library_id 542
collection Repository Universitas Mercu Buana
repository_id 5909
subject_area Econmics/Ilmu Ekonomi
Communication/Komunikasi
Engineering/Ilmu Teknik
Measurement/Teknik Desain, Pengujian, Pengukuran, Kualitas, Perawatan, Pemeliharaan, Perbaikan
city Jakarta Barat
province DKI JAKARTA
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS5909
first_indexed 2018-07-24T09:22:19Z
last_indexed 2018-07-24T09:22:19Z
recordtype dc
_version_ 1674510760047280128
score 17.538404