REPRESENTASI TUBUH WANITA DALAM IKLAN SABUN LUX DI TELEVISI (Analisis Semiotika Roland Barthes)
ctrlnum |
41260 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.mercubuana.ac.id/41260/</relation><title>REPRESENTASI TUBUH WANITA DALAM IKLAN SABUN LUX DI
TELEVISI
(Analisis Semiotika Roland Barthes)</title><creator>SUSANTO, AYU INTAN PARAMITHA PATMAWATI</creator><subject>070.19 Broadcast Media/Media Broadcast</subject><subject>070.48337 Young Women/Wanita Muda</subject><subject>128.6 Body/Tubuh</subject><subject>741.67 Advertisement and Posters/Iklan dan Poster</subject><description>LUX selalu menampilkan perempuan-perempuan cantik untuk menjadi ikon
produknya. Karena identik dengan iklan yang eksklusif dan bintang-bintang papan atas
Indonesia, iklan LUX selalu menarik dan disukai pemirsanya baik laki-laki maupun
perempuan. Iklan dalam produk sabun kecantikan LUX rupanya mempunyai banyak
makna yang terpendam. Representasi yang ditampilkan oleh model perempuan dalam
iklan tersebut ternyata memuat banyak ideologi yang sengaja ditampilkan secara implisit.
Ada dua proses representasi yaitu representasi mental dan representasi bahasa.
Representasi mental adalah konsep tentang “sesuatu” yang ada dikepala kita masingmasing,
representasi ini masih berbentuk sesuatu yang abstrak. Sedangkan representasi
bahasa adalah representasi yang berperan penting dalam konstruksi makna. Konsep
abstrak yang ada dalam kepala kita diterjemahkan dalam bahasa yang lazim, supaya kita
dapat menghubungkan konsep dan ide-ide kita tentang sesuatu dengan tanda-tanda dan
simbol - simbol tertentu.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode semiotika dari
Roland Barthes. Metode semiotika dari Roland Barthes sangat cocok untuk dijadikan
pisau analisis dalam penelitian ini karena bisa mengungkap makna-makna tersembunyi di
dalam teks, tanda, serta mitos dalam iklan sabun LUX.
Penelitian ini menggunakan iklan LUX di televisi versi objek Tamara Bleszynki,
Dian Sastrowadoyo, Atiqah Hasiholan dan Mariana Renata. Observasi mendalam
dilakukan terhadap iklan sehingga bisa didapatkan deskripsi iklan yang mendetail.
Deskripsi ini meliputi aspek visual dan verbal pada iklan tersebut. Analisis semiotik ini
akan menemukan makna-makna teks yang tersembunyi. Kemewahan dan keglamouran
visual iklan ini memberikan makna bagi konsumennya ketika kita telah memakai sabun
LUX, identitas kita akan naik serupa bintang karena aura kita telah sama dengan para
bintang.</description><date>2018-02-10</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41260/1/03.ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41260/2/01.HALAMAN%20JUDUL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41260/3/02.LEMBAR%20PERSETUJUAN%2C%20TANDA%20LULUS%20%26%20PENGESAHAN%20PERBAIKAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41260/4/04.KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41260/5/05.DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41260/6/06.DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41260/7/07.BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41260/8/08.BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41260/9/09.BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41260/10/10.BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41260/11/11.BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41260/12/12.DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/41260/13/13.LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> SUSANTO, AYU INTAN PARAMITHA PATMAWATI (2018) REPRESENTASI TUBUH WANITA DALAM IKLAN SABUN LUX DI TELEVISI (Analisis Semiotika Roland Barthes). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta. </identifier><recordID>41260</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
SUSANTO, AYU INTAN PARAMITHA PATMAWATI |
title |
REPRESENTASI TUBUH WANITA DALAM IKLAN SABUN LUX DI
TELEVISI
(Analisis Semiotika Roland Barthes) |
publishDate |
2018 |
topic |
070.19 Broadcast Media Media Broadcast 070.48337 Young Women Wanita Muda 128.6 Body Tubuh 741.67 Advertisement and Posters Iklan dan Poster |
url |
http://repository.mercubuana.ac.id/41260/1/03.ABSTRAK.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/41260/2/01.HALAMAN%20JUDUL.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/41260/3/02.LEMBAR%20PERSETUJUAN%2C%20TANDA%20LULUS%20%26%20PENGESAHAN%20PERBAIKAN.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/41260/4/04.KATA%20PENGANTAR.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/41260/5/05.DAFTAR%20ISI.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/41260/6/06.DAFTAR%20GAMBAR.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/41260/7/07.BAB%20I.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/41260/8/08.BAB%20II.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/41260/9/09.BAB%20III.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/41260/10/10.BAB%20IV.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/41260/11/11.BAB%20V.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/41260/12/12.DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/41260/13/13.LAMPIRAN.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/41260/ |
contents |
LUX selalu menampilkan perempuan-perempuan cantik untuk menjadi ikon
produknya. Karena identik dengan iklan yang eksklusif dan bintang-bintang papan atas
Indonesia, iklan LUX selalu menarik dan disukai pemirsanya baik laki-laki maupun
perempuan. Iklan dalam produk sabun kecantikan LUX rupanya mempunyai banyak
makna yang terpendam. Representasi yang ditampilkan oleh model perempuan dalam
iklan tersebut ternyata memuat banyak ideologi yang sengaja ditampilkan secara implisit.
Ada dua proses representasi yaitu representasi mental dan representasi bahasa.
Representasi mental adalah konsep tentang “sesuatu” yang ada dikepala kita masingmasing,
representasi ini masih berbentuk sesuatu yang abstrak. Sedangkan representasi
bahasa adalah representasi yang berperan penting dalam konstruksi makna. Konsep
abstrak yang ada dalam kepala kita diterjemahkan dalam bahasa yang lazim, supaya kita
dapat menghubungkan konsep dan ide-ide kita tentang sesuatu dengan tanda-tanda dan
simbol - simbol tertentu.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode semiotika dari
Roland Barthes. Metode semiotika dari Roland Barthes sangat cocok untuk dijadikan
pisau analisis dalam penelitian ini karena bisa mengungkap makna-makna tersembunyi di
dalam teks, tanda, serta mitos dalam iklan sabun LUX.
Penelitian ini menggunakan iklan LUX di televisi versi objek Tamara Bleszynki,
Dian Sastrowadoyo, Atiqah Hasiholan dan Mariana Renata. Observasi mendalam
dilakukan terhadap iklan sehingga bisa didapatkan deskripsi iklan yang mendetail.
Deskripsi ini meliputi aspek visual dan verbal pada iklan tersebut. Analisis semiotik ini
akan menemukan makna-makna teks yang tersembunyi. Kemewahan dan keglamouran
visual iklan ini memberikan makna bagi konsumennya ketika kita telah memakai sabun
LUX, identitas kita akan naik serupa bintang karena aura kita telah sama dengan para
bintang. |
id |
IOS5909.41260 |
institution |
Universitas Mercu Buana |
institution_id |
134 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Mercu Buana |
library_id |
542 |
collection |
Repository Universitas Mercu Buana |
repository_id |
5909 |
subject_area |
Econmics/Ilmu Ekonomi Communication/Komunikasi Engineering/Ilmu Teknik Measurement/Teknik Desain, Pengujian, Pengukuran, Kualitas, Perawatan, Pemeliharaan, Perbaikan |
city |
Jakarta Barat |
province |
DKI JAKARTA |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS5909 |
first_indexed |
2018-07-24T09:22:19Z |
last_indexed |
2018-07-24T09:22:19Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674510760047280128 |
score |
17.538404 |