KONSTRUKSI MASKULINITAS IKLAN TELEVISI (Garnier Men Face Wash Versi Turbo Light Oil Control Tahun 2016 Melalui Analisis Semiotika Charles S. Peirce)
Daftar Isi:
- Terdapat perubahan kebiasaan yang dilakukan pria saat ini dimana dahulu tidak peduli dengan kesehatan kulit wajah apalagi menggunakan pembersih wajah. Namun saat ini pria telah menunjukkan kepeduliannya, tentang pentingnya merawat kulit wajah untuk mendukung penampilannya. Pendapat lain mengenai alasan pria saat ini mulai menggunakan produk pembersih wajah adalah untuk gaya hidup yang mengharuskan pria berpenampilan dengan wajah yang bersih, cerah dan sehat sehingga muncul yang namanya pria metroseksual. Pergeseran maskulinitas ini disebabkian karna adanya kesadaran tersebut dan dipengaruhi oleh media iklan televise. Produser mengeluarkan produk pembersih wajah khusus pria Garnier Men. Produk Garnier Men Face Wash Turbo Light Oil Control versi Joe Taslim. Pria menginginkan segala aktifitasnya harus maksimal dengan tida terpengaruh oleh keadaan wajah yang kotor akibat debu dan polusi. Penelitian ini mencoba menggali tanda-tanda yang mengkonstruksikan maskulinitas yang berada dalam iklan men toiletries atau men‟s grooming. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme, pendekatan kualitatif, dan bersifat deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konstruksi maskulinitas dalam iklan tersebut menggunakan stereotip dan konstruksi baru yaitu sosok pria yang peduli dengan perawatan tubuh dan kesehatan kulitnya.