MAKNA PESAN BEKASJADIBERKAH PADA IKLAN TELEVISI OLX.CO.ID VERSI (Menggunakan Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce)
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengkaji tentang makna pesan #BekasJadiBerkah dalam iklan Olx.co.id versi “Berkah Lebaran”. Objek yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah potongan-potongan adegan dalam iklan olx.co.id versi “Berkah Lebaran”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui makna pesan #BekasJadiBerkah dalam iklan televisi Olx.co.id versi “Berkah Lebaran”. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu iklan pada media televisi, iklan sebagai konstruksi pesan, pesan kemanusiaan untuk saling berbagi, saling peduli dengan melakukan gerakan bekas jadi berkah melalui produk berupa jasa yaitu Olx.co.id, tetap bersyukur atas apa yang dimiliki, semiotika, semiotika komunikasi periklanan, semiotika Charles Sanders Peirce, kode dan teks. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini juga menggunakan paradigma konstruktivis, paradigma konstruktivis memiliki pandangan tersendiri terhadap media, serta teks yang dihasilkan. Dalam paradigma konstruktivis, media bukan hanya sekedar saluran bebas, namun media juga merupakan subjek yang mengkonstruksi realitas, lengkap dengan pandangan, siratan, serta pemaknaannya. Penelitian ini juga menggunakan analisis semiotika Charles Sanders Peirce yang diringkas ke dalam konsep triadik dengan menggunakan segitiga semiotik Peirce. Tiga hal yang dianalisis pada iklan dengan menggunakan segitiga semiotik Peirce, yaitu (1) Representament, (2) Object, (3) Interpretant. Dengan membagi tanda (representament) menjadi tiga yang lazim digunakan dalam kajian semiotika, yaitu (1) Ikon, (2) Indeks, dan (3) Simbol. Serta satu jenis dalam pengukuran kualitas tanda yang digunakan yaitu (1) Qualisign. Dari potongan-potongan adegan iklan Olx.co.id versi “Berkah Lebaran” terbentuk sebuah makna pesan bahwa kebahagiaan atau keberkahan dapat dirasakan salah satunya dengan selalu merasa bersyukur atas apa yang dimiliki