KOMUNIKASI EKSTERNAL PROGRAM CONSULTANT DENGAN KLIEN DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT KLIEN DI PT. DIRECT LANGUAGE SOLUTIONS (DIRECT ENGLISH) JAKARTA
Daftar Isi:
- Direct English adalah kursus bahasa Inggris di bawah manajemen PT. Direct Language Solutions di Jakarta. Direct English, melalui Program Consultant, wajib melakukan aktivitasaktivitas komunikasi eksternal untuk meningkatkan minat klien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komunikasi eksternal Program Consultant Direct English dengan klien serta upayanya untuk meningkatkan minat klien dan untuk menganalisis hambatan-hambatan dalam komunikasi eksternal dengan klien serta cara mengatasinya. Untuk mensukseskan komunikasi dengan publik eksternal, cara-cara tertentu dibutuhkan untuk menyampaikan pesan dengan benar sehingga akan mendapatkan respon dan feedback yang cemerlang. Untuk meningkatkan minat klien, selain komunikasi eksternal formal biasa, cara-cara MPR (Marketing Public Relation) dan IMC (Integrated Marketing Communication) diperlukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan datanya adalah wawancara mendalam. Penelitian ini menemukan bahwa komunikasi eksternal Program Consultant dengan klien dilakukan melalui dua jalur, yaitu komunikasi secara individual dan komunikasi publik. Cara-cara komunikasi Program Consultant untuk meningkatkan minat klien adalah menggunakan cara-cara MPR dan IMC, yaitu talks, media identity, events, public relations and publicity, sales promo, personal selling, direct marketing, dan interactive marketing. Strategi utama yang dilakukan oleh Direct English adalah melalui customer education, yang ditunjukkan dengan kegiatan Direct English dalam mengedukasi klien melalui talks, social activities, seminar, dan workshop.