PENINGKATAN PROSES BISNIS PICK UP DAN DELIVERY SERVICE CABANG MENGGUNAKAN METODE MODEL-BASED AND INTEGRATED PROCESS IMPROVEMENT (MIPI) PADA PT. BANK OCBC NISP, TBK
Daftar Isi:
- Bank OCBC NISP sebagai salah satu lembaga keuangan nasional dituntut memiliki kemampuan bersaing, diantaranya melalui efisiensi kinerja. Salah satu pengukuran efisiensi kinerja dalam perbankan dikenal dengan BOPO (Biaya Operasional Pendapatan Operasional). Semakin kecil rasio BOPO, semakin efisien biaya operasional. BI menyarankan tingkat BOPO 60%-70%. BOPO Bank OCBC NISP tahun 2015 rata-rata 80%, artinya kinerja efisiensinya masih rendah. Tujuan penelitian adalah untuk mengimplementasikan perbaikan proses bisnis Pick Up dan Delivery Service Cabang di Cash Management Operation (CMO) agar dapat memenuhi tuntutan manajemen Bank OCBC NISP dalam meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses bisnis. Penelitian menggunakan metode Model Based and Integrated Process Improvement (MIPI) yang diciptakan oleh Sola Adesola dan Tim Baines (2005) dengan menerapkan empat langkah dari tujuh langkah dalam pendekatan MIPI. MIPI merupakan panduan yang holistik, terstruktur dan prosedural untuk meningkatkan proses bisnis. Studi kasus dilakukan melalui observasi, wawancara dan telaah dokumen dari data perusahaan, buku, jurnal dan literature lainnya. Untuk mengidentifikasi kebutuhan bisnis dan masalah yang ada digunakan tools Flowchart, Cause and Effect Diagram dan Value Added Analysis. Penelitian ini menghasilkan rancangan proses bisnis usulan, yang dapat meningkatkan efisiensi kinerja operasional dengan adanya penurunan lead time rata-rata 48% dan biaya karyawan sebesar 36%.