Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Koleksi Permainan Aksara Lampung (Koper Apung) Berbasis Android Menggunakan Metode Scrum
Main Authors: | Nama, Gigih Forda, Pamungkas, Ayu Dian, Mardiana, Mardiana, Septama, Hery Dian |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://jtiik.ub.ac.id/index.php/jtiik/article/view/1096 http://jtiik.ub.ac.id/index.php/jtiik/article/view/1096/pdf |
ctrlnum |
article-1096 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="id">Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Koleksi Permainan Aksara Lampung (Koper Apung) Berbasis Android Menggunakan Metode Scrum</title><creator lang="id">Nama, Gigih Forda</creator><creator lang="id">Pamungkas, Ayu Dian</creator><creator lang="id">Mardiana, Mardiana</creator><creator lang="id">Septama, Hery Dian</creator><subject lang="id">Android</subject><subject lang="id">Construct 2</subject><subject lang="id">Metode scrum</subject><subject lang="id">Game edukasi</subject><subject lang="id">Aksara lampung</subject><description lang="id">Indonesia merupakan negara yang memiliki keanekaragaman budaya. Salah satu bentuk keragaman budayanya adalah bahasa daerah yang berbeda di setiap wilayah. Bahkan, pada beberapa daerah tertentu memiliki aksara khusus dalam penulisan, salah satunya yaitu aksara Lampung. Ada berbagai macam cara yang biasa dilakukan untuk melestarikan penggunaan aksara dan bahasa daerah, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk game edukasi belajar bahasa dan aksara Lampung (KOPER APUNG) berbasis android dengan metode scrum dan menggunakan game engine construct 2. Dari 3 kali proses iterasi sprint yang dilakukan, menghasilkan sebuah game edukasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Pengujian portability menunjukkan bahwa game dapat berjalan pada perangkat android minimum versi 4.1. Pengujian functionality menunjukkan aset game 100% dapat berjalan baik. User acceptance test dengan melibatkan 25 responden, menunjukkan predikat sangat baik dengan persentase 95,77%. Pengujian efficiency menunjukkan game menggunakan CPU rata-rata sebesar 15% dan RAM 400 MB. Sedangkan pada tahap evaluasi, tingkat kelulusan responden  meningkat  dari  sebelumnya  36 %  menjadi  96%.  Sehingga,  game ini efektif digunakan sebagai salah satu media belajar Aksara Lampung. AbstractIndonesia is a country with various cultures. One of them is that every region has its own local language as its special characteristic. Some local languages have their own local letters, for example is the Lampungnese letters. There are a lot of techniques to conserve the use of local language and its letters, one of them   is   by   implementing   technologies.   This   Koper   Apung   (the   Collection   of Lampungnese Letters Game) Educational Game was created in the form of game application for android based smartphone by using scrum methodology and assisted by Construct 2 Engine. From the sprint result of the scrum methodology, an educational game which adjusted to the needs of the user was established. The result of portability aspect showed that Koper Apung game could work well on the minimally 4.1 version of android appliances. The functionality  test showed that all game assets could satisfactorily 100% work. User Acceptance test indicated, Very good‟ predicate with 95.77% result. The efficiency test denoted that this game used 15% CPU and 400 MB RAM. Meanwhile, on the evaluation phase, the respondents‟ level of success improved from 36% to 96%. These signified that the Koper Apung game is an effective and applicable media to learn Lampungnese Letters.</description><publisher lang="en">Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya</publisher><date>2019-07-15</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://jtiik.ub.ac.id/index.php/jtiik/article/view/1096</identifier><identifier>10.25126/jtiik.2019641096</identifier><source lang="id">Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 4: Agustus 2019; 420-429</source><source lang="en">Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 4: Agustus 2019; 420-429</source><source>2528-6579</source><source>2355-7699</source><source>10.25126/jtiik.201964</source><language>ind</language><relation>http://jtiik.ub.ac.id/index.php/jtiik/article/view/1096/pdf</relation><rights lang="en">Hak Cipta (c) 2019 Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer</rights><recordID>article-1096</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Journal:Article Journal Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion Other File:application/pdf File Journal:eJournal |
author |
Nama, Gigih Forda Pamungkas, Ayu Dian Mardiana, Mardiana Septama, Hery Dian |
title |
Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Koleksi Permainan Aksara Lampung (Koper Apung) Berbasis Android Menggunakan Metode Scrum |
publisher |
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
publishDate |
2019 |
isbn |
9782019641092 |
topic |
Android Construct 2 Metode scrum Game edukasi Aksara lampung |
url |
http://jtiik.ub.ac.id/index.php/jtiik/article/view/1096 http://jtiik.ub.ac.id/index.php/jtiik/article/view/1096/pdf |
contents |
Indonesia merupakan negara yang memiliki keanekaragaman budaya. Salah satu bentuk keragaman budayanya adalah bahasa daerah yang berbeda di setiap wilayah. Bahkan, pada beberapa daerah tertentu memiliki aksara khusus dalam penulisan, salah satunya yaitu aksara Lampung. Ada berbagai macam cara yang biasa dilakukan untuk melestarikan penggunaan aksara dan bahasa daerah, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk game edukasi belajar bahasa dan aksara Lampung (KOPER APUNG) berbasis android dengan metode scrum dan menggunakan game engine construct 2. Dari 3 kali proses iterasi sprint yang dilakukan, menghasilkan sebuah game edukasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Pengujian portability menunjukkan bahwa game dapat berjalan pada perangkat android minimum versi 4.1. Pengujian functionality menunjukkan aset game 100% dapat berjalan baik. User acceptance test dengan melibatkan 25 responden, menunjukkan predikat sangat baik dengan persentase 95,77%. Pengujian efficiency menunjukkan game menggunakan CPU rata-rata sebesar 15% dan RAM 400 MB. Sedangkan pada tahap evaluasi, tingkat kelulusan responden meningkat dari sebelumnya 36 % menjadi 96%. Sehingga, game ini efektif digunakan sebagai salah satu media belajar Aksara Lampung. AbstractIndonesia is a country with various cultures. One of them is that every region has its own local language as its special characteristic. Some local languages have their own local letters, for example is the Lampungnese letters. There are a lot of techniques to conserve the use of local language and its letters, one of them is by implementing technologies. This Koper Apung (the Collection of Lampungnese Letters Game) Educational Game was created in the form of game application for android based smartphone by using scrum methodology and assisted by Construct 2 Engine. From the sprint result of the scrum methodology, an educational game which adjusted to the needs of the user was established. The result of portability aspect showed that Koper Apung game could work well on the minimally 4.1 version of android appliances. The functionality test showed that all game assets could satisfactorily 100% work. User Acceptance test indicated, Very good‟ predicate with 95.77% result. The efficiency test denoted that this game used 15% CPU and 400 MB RAM. Meanwhile, on the evaluation phase, the respondents‟ level of success improved from 36% to 96%. These signified that the Koper Apung game is an effective and applicable media to learn Lampungnese Letters. |
id |
IOS577.article-1096 |
institution |
Universitas Brawijaya |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
repository_id |
577 |
subject_area |
Program Komputer dan Teknologi Informasi |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
repoId |
IOS577 |
first_indexed |
2019-07-20T01:36:56Z |
last_indexed |
2024-06-02T20:42:41Z |
recordtype |
dc |
merged_child_boolean |
1 |
_version_ |
1800783725729939456 |
score |
17.13294 |