Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Koleksi Permainan Aksara Lampung (Koper Apung) Berbasis Android Menggunakan Metode Scrum

Main Authors: Nama, Gigih Forda, Pamungkas, Ayu Dian, Mardiana, Mardiana, Septama, Hery Dian
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya , 2019
Subjects:
Online Access: http://jtiik.ub.ac.id/index.php/jtiik/article/view/1096
http://jtiik.ub.ac.id/index.php/jtiik/article/view/1096/pdf
ctrlnum article-1096
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="id">Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Koleksi Permainan Aksara Lampung (Koper Apung) Berbasis Android Menggunakan Metode Scrum</title><creator lang="id">Nama, Gigih Forda</creator><creator lang="id">Pamungkas, Ayu Dian</creator><creator lang="id">Mardiana, Mardiana</creator><creator lang="id">Septama, Hery Dian</creator><subject lang="id">Android</subject><subject lang="id">Construct 2</subject><subject lang="id">Metode scrum</subject><subject lang="id">Game edukasi</subject><subject lang="id">Aksara lampung</subject><description lang="id">Indonesia merupakan negara yang memiliki keanekaragaman budaya. Salah satu bentuk keragaman budayanya adalah bahasa daerah yang berbeda di setiap wilayah. Bahkan, pada beberapa daerah tertentu memiliki aksara khusus dalam penulisan, salah satunya yaitu aksara Lampung. Ada berbagai macam cara yang biasa dilakukan untuk melestarikan penggunaan aksara dan bahasa daerah, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk game edukasi belajar bahasa dan aksara Lampung (KOPER APUNG) berbasis android dengan metode scrum dan menggunakan game engine construct 2. Dari 3 kali proses iterasi sprint yang dilakukan, menghasilkan sebuah game edukasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Pengujian portability menunjukkan bahwa game dapat berjalan pada perangkat android minimum versi 4.1. Pengujian functionality menunjukkan aset game 100% dapat berjalan baik. User acceptance test dengan melibatkan 25 responden, menunjukkan predikat sangat baik dengan persentase 95,77%. Pengujian efficiency menunjukkan game menggunakan CPU rata-rata sebesar 15% dan RAM 400 MB. Sedangkan pada tahap evaluasi, tingkat kelulusan responden&#xA0; meningkat&#xA0; dari&#xA0; sebelumnya&#xA0; 36 %&#xA0; menjadi&#xA0; 96%.&#xA0; Sehingga,&#xA0; game ini efektif digunakan sebagai salah satu media belajar Aksara Lampung.&#xA0;AbstractIndonesia is a country with various cultures. One of them is that every region has its own local language as its special characteristic. Some local languages have their own local letters, for example is the Lampungnese letters. There are a lot of techniques to conserve the use of local language and its letters, one of them&#xA0;&#xA0; is&#xA0;&#xA0; by&#xA0;&#xA0; implementing&#xA0;&#xA0; technologies.&#xA0;&#xA0; This&#xA0;&#xA0; Koper&#xA0;&#xA0; Apung&#xA0;&#xA0; (the&#xA0;&#xA0; Collection&#xA0;&#xA0; of Lampungnese Letters Game) Educational Game was created in the form of game application for android based smartphone by using scrum methodology and assisted by Construct 2 Engine. From the sprint result of the scrum methodology, an educational game which adjusted to the needs of the user was established. The result of portability aspect showed that Koper Apung game could work well on the minimally 4.1 version of android appliances. The functionality&#xA0; test showed that all game assets could satisfactorily 100% work. User Acceptance test indicated, Very good&#x201F; predicate with 95.77% result. The efficiency test denoted that this game used 15% CPU and 400 MB RAM. Meanwhile, on the evaluation phase, the respondents&#x201F; level of success improved from 36% to 96%. These signified that the Koper Apung game is an effective and applicable media to learn Lampungnese Letters.</description><publisher lang="en">Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya</publisher><date>2019-07-15</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://jtiik.ub.ac.id/index.php/jtiik/article/view/1096</identifier><identifier>10.25126/jtiik.2019641096</identifier><source lang="id">Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 4: Agustus 2019; 420-429</source><source lang="en">Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 4: Agustus 2019; 420-429</source><source>2528-6579</source><source>2355-7699</source><source>10.25126/jtiik.201964</source><language>ind</language><relation>http://jtiik.ub.ac.id/index.php/jtiik/article/view/1096/pdf</relation><rights lang="en">Hak Cipta (c) 2019 Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer</rights><recordID>article-1096</recordID></dc>
language ind
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:eJournal
author Nama, Gigih Forda
Pamungkas, Ayu Dian
Mardiana, Mardiana
Septama, Hery Dian
title Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Koleksi Permainan Aksara Lampung (Koper Apung) Berbasis Android Menggunakan Metode Scrum
publisher Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
publishDate 2019
isbn 9782019641092
topic Android
Construct 2
Metode scrum
Game edukasi
Aksara lampung
url http://jtiik.ub.ac.id/index.php/jtiik/article/view/1096
http://jtiik.ub.ac.id/index.php/jtiik/article/view/1096/pdf
contents Indonesia merupakan negara yang memiliki keanekaragaman budaya. Salah satu bentuk keragaman budayanya adalah bahasa daerah yang berbeda di setiap wilayah. Bahkan, pada beberapa daerah tertentu memiliki aksara khusus dalam penulisan, salah satunya yaitu aksara Lampung. Ada berbagai macam cara yang biasa dilakukan untuk melestarikan penggunaan aksara dan bahasa daerah, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk game edukasi belajar bahasa dan aksara Lampung (KOPER APUNG) berbasis android dengan metode scrum dan menggunakan game engine construct 2. Dari 3 kali proses iterasi sprint yang dilakukan, menghasilkan sebuah game edukasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Pengujian portability menunjukkan bahwa game dapat berjalan pada perangkat android minimum versi 4.1. Pengujian functionality menunjukkan aset game 100% dapat berjalan baik. User acceptance test dengan melibatkan 25 responden, menunjukkan predikat sangat baik dengan persentase 95,77%. Pengujian efficiency menunjukkan game menggunakan CPU rata-rata sebesar 15% dan RAM 400 MB. Sedangkan pada tahap evaluasi, tingkat kelulusan responden meningkat dari sebelumnya 36 % menjadi 96%. Sehingga, game ini efektif digunakan sebagai salah satu media belajar Aksara Lampung. AbstractIndonesia is a country with various cultures. One of them is that every region has its own local language as its special characteristic. Some local languages have their own local letters, for example is the Lampungnese letters. There are a lot of techniques to conserve the use of local language and its letters, one of them is by implementing technologies. This Koper Apung (the Collection of Lampungnese Letters Game) Educational Game was created in the form of game application for android based smartphone by using scrum methodology and assisted by Construct 2 Engine. From the sprint result of the scrum methodology, an educational game which adjusted to the needs of the user was established. The result of portability aspect showed that Koper Apung game could work well on the minimally 4.1 version of android appliances. The functionality test showed that all game assets could satisfactorily 100% work. User Acceptance test indicated, Very good‟ predicate with 95.77% result. The efficiency test denoted that this game used 15% CPU and 400 MB RAM. Meanwhile, on the evaluation phase, the respondents‟ level of success improved from 36% to 96%. These signified that the Koper Apung game is an effective and applicable media to learn Lampungnese Letters.
id IOS577.article-1096
institution Universitas Brawijaya
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
repository_id 577
subject_area Program Komputer dan Teknologi Informasi
city MALANG
province JAWA TIMUR
repoId IOS577
first_indexed 2019-07-20T01:36:56Z
last_indexed 2024-06-02T20:42:41Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1800783725729939456
score 17.13294