PELATIHAN PEMBELAJARAN DENGAN STRTAEGI CRITICAL THINKING QUESTION

Main Authors: Syafi'i, Imam, Muljono, Hery
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Kadiri , 2018
Online Access: http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/jaim/article/view/237
http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/jaim/article/view/237/179
Daftar Isi:
  • Pelatihan manajamen pembelajaran dengan critical thinking queston dimaksudkanuntuk meningkatkan kemampuan para guru SD Muhammadiyah 3 Depok, JawaBarat agar mampu malaksananakan praktik pembelajaran yang dapat membangunkemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang dilakukan dalam pelatihan inidibagi empat tahap, yaitu pengondisian, eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.pemodelan tahap. Dalam kegiatan pelatihan ini para guru diberikan pemahamansecara teoretis tentang critical thinking queston, diberikan model pembelajaranyang menerapkan critical thinking queston, dan kemuadian secara bergantianmempraktikkan pembelajaran teknik critical thinking queston. Setelah megikutipelatihan terdapat banyak perubahan positif dalam praktik pembelajaran yangdilakukan oleh para guru di SD Muhammadiyah 3 Depok, Jawa Barat.Pembelajaran tidak lagi berpusat kepada guru, melainkan berpusat kepada siswayang lebih banyak memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukanpertannyaan serta berpikir kritis ketika dihadapkan pada suatu fenomena.Pertanyaan-pertanyaan evaluasi yang dikembangkan guru pun lebih bervariasi,tidak hanya mengukur aspek kognitif tingkat rendah saja, tetapi juga mengukurberbagai ranah kognitif yang lebih tinggi lagi serta berbagai aspek kompetensiyang lebih komprehensif.