PELATIHAN PEMBELAJARAN DENGAN STRTAEGI CRITICAL THINKING QUESTION
Main Authors: | Syafi'i, Imam, Muljono, Hery |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Kadiri
, 2018
|
Online Access: |
http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/jaim/article/view/237 http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/jaim/article/view/237/179 |
ctrlnum |
article-237 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">PELATIHAN PEMBELAJARAN DENGAN STRTAEGI CRITICAL THINKING QUESTION</title><creator>Syafi'i, Imam</creator><creator>Muljono, Hery</creator><description lang="en-US">Pelatihan manajamen pembelajaran dengan critical thinking queston dimaksudkanuntuk meningkatkan kemampuan para guru SD Muhammadiyah 3 Depok, JawaBarat agar mampu malaksananakan praktik pembelajaran yang dapat membangunkemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang dilakukan dalam pelatihan inidibagi empat tahap, yaitu pengondisian, eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.pemodelan tahap. Dalam kegiatan pelatihan ini para guru diberikan pemahamansecara teoretis tentang critical thinking queston, diberikan model pembelajaranyang menerapkan critical thinking queston, dan kemuadian secara bergantianmempraktikkan pembelajaran teknik critical thinking queston. Setelah megikutipelatihan terdapat banyak perubahan positif dalam praktik pembelajaran yangdilakukan oleh para guru di SD Muhammadiyah 3 Depok, Jawa Barat.Pembelajaran tidak lagi berpusat kepada guru, melainkan berpusat kepada siswayang lebih banyak memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukanpertannyaan serta berpikir kritis ketika dihadapkan pada suatu fenomena.Pertanyaan-pertanyaan evaluasi yang dikembangkan guru pun lebih bervariasi,tidak hanya mengukur aspek kognitif tingkat rendah saja, tetapi juga mengukurberbagai ranah kognitif yang lebih tinggi lagi serta berbagai aspek kompetensiyang lebih komprehensif.</description><publisher lang="en-US">Universitas Kadiri</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2018-11-14</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/jaim/article/view/237</identifier><identifier>10.30737/jaim.v2i1.237</identifier><source lang="en-US">Jurnal Abdi Masyarakat; Vol 2, No 1 (2018): JAIM-Jurnal Abdi Masyarakat</source><source>2579-4493</source><source>10.30737/jaim.v2i1</source><language>eng</language><relation>http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/jaim/article/view/237/179</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2018 Jurnal Abdi Masyarakat</rights><recordID>article-237</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion Other File:application/pdf File Journal:eJournal |
author |
Syafi'i, Imam Muljono, Hery |
title |
PELATIHAN PEMBELAJARAN DENGAN STRTAEGI CRITICAL THINKING QUESTION |
publisher |
Universitas Kadiri |
publishDate |
2018 |
url |
http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/jaim/article/view/237 http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/jaim/article/view/237/179 |
contents |
Pelatihan manajamen pembelajaran dengan critical thinking queston dimaksudkanuntuk meningkatkan kemampuan para guru SD Muhammadiyah 3 Depok, JawaBarat agar mampu malaksananakan praktik pembelajaran yang dapat membangunkemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang dilakukan dalam pelatihan inidibagi empat tahap, yaitu pengondisian, eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.pemodelan tahap. Dalam kegiatan pelatihan ini para guru diberikan pemahamansecara teoretis tentang critical thinking queston, diberikan model pembelajaranyang menerapkan critical thinking queston, dan kemuadian secara bergantianmempraktikkan pembelajaran teknik critical thinking queston. Setelah megikutipelatihan terdapat banyak perubahan positif dalam praktik pembelajaran yangdilakukan oleh para guru di SD Muhammadiyah 3 Depok, Jawa Barat.Pembelajaran tidak lagi berpusat kepada guru, melainkan berpusat kepada siswayang lebih banyak memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukanpertannyaan serta berpikir kritis ketika dihadapkan pada suatu fenomena.Pertanyaan-pertanyaan evaluasi yang dikembangkan guru pun lebih bervariasi,tidak hanya mengukur aspek kognitif tingkat rendah saja, tetapi juga mengukurberbagai ranah kognitif yang lebih tinggi lagi serta berbagai aspek kompetensiyang lebih komprehensif. |
id |
IOS5587.article-237 |
institution |
Universitas Kadiri |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id |
institution_id |
1063 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Kadiri |
library_id |
1043 |
collection |
JAIM : Jurnal Abdi Masyarakat |
repository_id |
5587 |
subject_area |
Knowledge/Ilmu Pengetahuan pengabdian pada masyarakat Theory of Knowledge/Teori Ilmu Pengetahuan |
city |
KOTA KEDIRI |
province |
JAWA TIMUR |
repoId |
IOS5587 |
first_indexed |
2019-05-08T18:31:29Z |
last_indexed |
2019-05-08T18:31:29Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686367054806908928 |
score |
17.538404 |