PELATIHAN PEMBELAJARAN DENGAN STRTAEGI CRITICAL THINKING QUESTION

Main Authors: Syafi'i, Imam, Muljono, Hery
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Kadiri , 2018
Online Access: http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/jaim/article/view/237
http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/jaim/article/view/237/179
ctrlnum article-237
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">PELATIHAN PEMBELAJARAN DENGAN STRTAEGI CRITICAL THINKING QUESTION</title><creator>Syafi'i, Imam</creator><creator>Muljono, Hery</creator><description lang="en-US">Pelatihan manajamen pembelajaran dengan critical thinking queston dimaksudkanuntuk meningkatkan kemampuan para guru SD Muhammadiyah 3 Depok, JawaBarat agar mampu malaksananakan praktik pembelajaran yang dapat membangunkemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang dilakukan dalam pelatihan inidibagi empat tahap, yaitu pengondisian, eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.pemodelan tahap. Dalam kegiatan pelatihan ini para guru diberikan pemahamansecara teoretis tentang critical thinking queston, diberikan model pembelajaranyang menerapkan critical thinking queston, dan kemuadian secara bergantianmempraktikkan pembelajaran teknik critical thinking queston. Setelah megikutipelatihan terdapat banyak perubahan positif dalam praktik pembelajaran yangdilakukan oleh para guru di SD Muhammadiyah 3 Depok, Jawa Barat.Pembelajaran tidak lagi berpusat kepada guru, melainkan berpusat kepada siswayang lebih banyak memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukanpertannyaan serta berpikir kritis ketika dihadapkan pada suatu fenomena.Pertanyaan-pertanyaan evaluasi yang dikembangkan guru pun lebih bervariasi,tidak hanya mengukur aspek kognitif tingkat rendah saja, tetapi juga mengukurberbagai ranah kognitif yang lebih tinggi lagi serta berbagai aspek kompetensiyang lebih komprehensif.</description><publisher lang="en-US">Universitas Kadiri</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2018-11-14</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/jaim/article/view/237</identifier><identifier>10.30737/jaim.v2i1.237</identifier><source lang="en-US">Jurnal Abdi Masyarakat; Vol 2, No 1 (2018): JAIM-Jurnal Abdi Masyarakat</source><source>2579-4493</source><source>10.30737/jaim.v2i1</source><language>eng</language><relation>http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/jaim/article/view/237/179</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2018 Jurnal Abdi Masyarakat</rights><recordID>article-237</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:eJournal
author Syafi'i, Imam
Muljono, Hery
title PELATIHAN PEMBELAJARAN DENGAN STRTAEGI CRITICAL THINKING QUESTION
publisher Universitas Kadiri
publishDate 2018
url http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/jaim/article/view/237
http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/jaim/article/view/237/179
contents Pelatihan manajamen pembelajaran dengan critical thinking queston dimaksudkanuntuk meningkatkan kemampuan para guru SD Muhammadiyah 3 Depok, JawaBarat agar mampu malaksananakan praktik pembelajaran yang dapat membangunkemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang dilakukan dalam pelatihan inidibagi empat tahap, yaitu pengondisian, eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.pemodelan tahap. Dalam kegiatan pelatihan ini para guru diberikan pemahamansecara teoretis tentang critical thinking queston, diberikan model pembelajaranyang menerapkan critical thinking queston, dan kemuadian secara bergantianmempraktikkan pembelajaran teknik critical thinking queston. Setelah megikutipelatihan terdapat banyak perubahan positif dalam praktik pembelajaran yangdilakukan oleh para guru di SD Muhammadiyah 3 Depok, Jawa Barat.Pembelajaran tidak lagi berpusat kepada guru, melainkan berpusat kepada siswayang lebih banyak memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukanpertannyaan serta berpikir kritis ketika dihadapkan pada suatu fenomena.Pertanyaan-pertanyaan evaluasi yang dikembangkan guru pun lebih bervariasi,tidak hanya mengukur aspek kognitif tingkat rendah saja, tetapi juga mengukurberbagai ranah kognitif yang lebih tinggi lagi serta berbagai aspek kompetensiyang lebih komprehensif.
id IOS5587.article-237
institution Universitas Kadiri
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 1063
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Kadiri
library_id 1043
collection JAIM : Jurnal Abdi Masyarakat
repository_id 5587
subject_area Knowledge/Ilmu Pengetahuan
pengabdian pada masyarakat
Theory of Knowledge/Teori Ilmu Pengetahuan
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
repoId IOS5587
first_indexed 2019-05-08T18:31:29Z
last_indexed 2019-05-08T18:31:29Z
recordtype dc
_version_ 1686367054806908928
score 17.538404