Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Berbasis Google Form Secara Online Terhadap Hasil Belajar TIK Kelas X Semester Ganjil di SMA Negeri 4 Padang Tahun Ajaran 2018/2019
Main Author: | Sati, Lady Lara |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Document |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.upiyptk.ac.id/2463/1/LADY%20LARA%20SATI_15101156110032.pdf http://repository.upiyptk.ac.id/2463/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Berbasis Google Form Secara Online Terhadap Hasil Belajar TIK Kelas X. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Padang semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen, teknik pengambilan sampel menggunakan Purpose Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa kelas eksperimen 32 orang dan jumlah siswa kelas kontrol 33 orang. Kelas eksperimen diberi perlakuan berupa penerapan metode pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) berbasis Google Form secara online dan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pilihan ganda. Hasil penelitian, diperoleh rata-rata nilai kelas Eksperimen adalah 94,75 dan rata-rata nilai kelas Kontrol adalah 88,72. Dari hasil pengujian pada taraf signifikansi α 0,05 (pada taraf 5%) didapatkan nilai thitung = 2,763 dan ttabel = 1,669 sehingga diperoleh thitung>ttabel (2,763 > 1,669). Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti bahwa metode pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) berbasis google form secara online berpengaruh terhadap hasil belajar TIK kelas X di SMA Negeri 4 Padang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019.