PENGGUNAAN METODE DISCOVERY LEARNING DALAM PENGEMBANGAN KONSEP SAINS UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD BUNGA HARAPAN AIR SOLOK KECAMATAN BATIKNAU BENGKULU UTARA

Main Author: Ninik,, Setyawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.iainbengkulu.ac.id/4350/1/SKRIPSI%20NINIK%20SETYAWATI%20%20CD.pdf
http://repository.iainbengkulu.ac.id/4350/
Daftar Isi:
  • Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini yaitu: (1) Bagaimana penggunaan metode discovery learning dalam pengembangan konsep sains untuk meningkatkan kognitif anak usia 5-6 tahun di PAUD Bunga Harapan. Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan kognitif anak melalui pengembangan konsep sains. Penelitian yang dikaji dalam skripsi ini yaitu bagaimana metode Discovery Learning dalam pengembangan konsep sains untuk meningkatkan kognitif anak di PAUD Bunga Harapan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metode discovery learning dalam pengembangan sains untuk meningkatkan kognitif anak di PAUD Bunga Harapan. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah Kuantitatif eksperimen dengan mengguanakan metode analisis data run test. Metode pengumpulan data berupa observasi test dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan kognitif anak dalam penggunaan metode discovery learning dalam pengembangan sains. Peningkatan kognitif anak dengan menggunakan pengembangan konsep sains. Peningkatan kognitif kelompok eksperimen mengalami kenaikan 60% dari hasil sebelumnya sebesar 45%, dan meningkat menjadi 60%.