STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR‟AN HADIST DI KELAS VII MTs NEGERI 1 SELUMA
Main Author: | Damayanti,, Anggraini Widya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainbengkulu.ac.id/4311/1/Skripsi%20Widiyah%20pdf.pdf http://repository.iainbengkulu.ac.id/4311/ |
ctrlnum |
4311 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainbengkulu.ac.id/4311/</relation><title>STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN
MENGHAFAL AL-QUR‟AN HADIST DI KELAS VII
MTs NEGERI 1 SELUMA</title><creator>Damayanti,, Anggraini Widya</creator><subject>L Education (General)</subject><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><subject>LB2361 Curriculum</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh
guru dalam menghafal Al-Qur‟an Hadist siswa serta mengetahui faktor apa saja
yang mempengaruhi strategi guru dalam meningkatkan kemampuan menghafal
siswa dan solusi yang ditemukan oleh guru Al-Qur‟an Hadist.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, peneliti melakukan penelitian
pada siswa kelas VII B di MTs Negeri 1 Seluma pada tahun ajaran 2019/2020.
Dalam pengumpulan data penelitian menggunakan teknik observasi, dokumentasi
dan wawancara. Sedangkan dalam analisis data penulis menggunakan teknik
deskriptif kualitatif dengan tahap-tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian ini ditemukan bahwa guru menggunakan strategi yang
sering digunakan yaitu dengan cara menggunakan teknik kelompok di bagi
menjadi dua orang, menggunakan metode kitabah dan secara individu, kemudian
dalam proses hafalan guru menggunakan lokasi di dalam kelas biar kegiatan
menjadi efektif dan efesien untuk siswa dalam proses hafalan untuk hafalan
sendiri di lakukan pada pagi hari. Faktor apa saja yang mempengaruhi strategi
guru dalam meningkatkan kemampuan menghafal siswa adapun faktor
penghambat yaitu siswa yang bermain-main saat jam pelajaran, siswa yang sakit
saat jam pelajaran dan tidak memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya untuk
faktor pendukung yang guru guru lakukan memotivasi siswa, pertemuan antara
guru dan murid dan tanggung jawab serta kedisiplinan. Sedangkan solusi yang
diberikan guru terhadap siswa yang sulit dalam menghafal yakni dengan cara
pendekatan individual dan guru memberikan reward kepada siswa dalam
menghafal Al-Qur‟an Hadist. Sedangkan untuk siswa yang bermain-main tidak
memanfaatkan waktu dengan baik diberikan sanksi agar menimbulkan efek jera
kepada siswa.</description><date>2020-01-08</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainbengkulu.ac.id/4311/1/Skripsi%20Widiyah%20pdf.pdf</identifier><identifier> Damayanti,, Anggraini Widya (2020) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR‟AN HADIST DI KELAS VII MTs NEGERI 1 SELUMA. Other thesis, IAIN BENGKULU. </identifier><recordID>4311</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book Thesis:Bachelors |
author |
Damayanti,, Anggraini Widya |
title |
STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN
MENGHAFAL AL-QUR‟AN HADIST DI KELAS VII
MTs NEGERI 1 SELUMA |
publishDate |
2020 |
topic |
L Education (General) LB1603 Secondary Education. High schools LB2361 Curriculum |
url |
http://repository.iainbengkulu.ac.id/4311/1/Skripsi%20Widiyah%20pdf.pdf http://repository.iainbengkulu.ac.id/4311/ |
contents |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh
guru dalam menghafal Al-Qur‟an Hadist siswa serta mengetahui faktor apa saja
yang mempengaruhi strategi guru dalam meningkatkan kemampuan menghafal
siswa dan solusi yang ditemukan oleh guru Al-Qur‟an Hadist.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, peneliti melakukan penelitian
pada siswa kelas VII B di MTs Negeri 1 Seluma pada tahun ajaran 2019/2020.
Dalam pengumpulan data penelitian menggunakan teknik observasi, dokumentasi
dan wawancara. Sedangkan dalam analisis data penulis menggunakan teknik
deskriptif kualitatif dengan tahap-tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian ini ditemukan bahwa guru menggunakan strategi yang
sering digunakan yaitu dengan cara menggunakan teknik kelompok di bagi
menjadi dua orang, menggunakan metode kitabah dan secara individu, kemudian
dalam proses hafalan guru menggunakan lokasi di dalam kelas biar kegiatan
menjadi efektif dan efesien untuk siswa dalam proses hafalan untuk hafalan
sendiri di lakukan pada pagi hari. Faktor apa saja yang mempengaruhi strategi
guru dalam meningkatkan kemampuan menghafal siswa adapun faktor
penghambat yaitu siswa yang bermain-main saat jam pelajaran, siswa yang sakit
saat jam pelajaran dan tidak memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya untuk
faktor pendukung yang guru guru lakukan memotivasi siswa, pertemuan antara
guru dan murid dan tanggung jawab serta kedisiplinan. Sedangkan solusi yang
diberikan guru terhadap siswa yang sulit dalam menghafal yakni dengan cara
pendekatan individual dan guru memberikan reward kepada siswa dalam
menghafal Al-Qur‟an Hadist. Sedangkan untuk siswa yang bermain-main tidak
memanfaatkan waktu dengan baik diberikan sanksi agar menimbulkan efek jera
kepada siswa. |
id |
IOS5532.4311 |
institution |
IAIN Bengkulu |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
1906 |
institution_type |
library:university library |
library |
Pusat Perpustakaan IAIN Bengkulu |
library_id |
1554 |
collection |
Repository IAIN Bengkulu |
repository_id |
5532 |
subject_area |
Personnel Management/Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM bisnis administrasi |
city |
KOTA BENGKULU |
province |
BENGKULU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS5532 |
first_indexed |
2020-06-16T05:36:36Z |
last_indexed |
2020-06-16T05:36:36Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686360361212575744 |
score |
17.538404 |