STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL- QUR’AN SANTRI DI TPQ AL-KARIM KOTA BENGKULU
Main Author: | Hidayatullah,, Anda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainbengkulu.ac.id/4259/1/skripsi%20anda%20pdf.pdf http://repository.iainbengkulu.ac.id/4259/ |
Daftar Isi:
- Taman Pendidikan Al-Qur‟an (disingkat TPA atau TPQ) adalah lembaga atau kelompok masyarakat yang menyelenggarakan pendidikan nonformal jenis keagamaan Islam yang bertujuan untuk memberikan pengajaran membaca Al- Qur‟an sejak usia dini, serta memahami dasar-dasar dinul Islam pada anak usia taman kanak-kanak, sekolah dasar dan atau madrasah ibtidaiyah (SD/MI) atau bahkan yang lebih tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-quran santri TPQ Al-Karim Kota Bengkulu dan untuk mengetahui hasil dari penggunaan strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-quran santri TPQ Al- Karim Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik Pengumpulan Data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, kecukupan resensi dan menghadiri penelitian. Teknik analisis data melakukan analisis sejak sebelum memasuki lapangan, selama di lapangan, dan setelah di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh guru TPQ Al-Karim yaitu 1) Membiasakan budaya antri dengan menyusun Al-Qur‟an atau Iqro‟ di atas meja guru sebelum pembelajaran membaca Al-Qur‟an santri TPQ Al-Karim dimulai. 2) Membiasakan membaca doa dan surat-surat pendek sebelum pembelajaran dimulai. 3) Membiasakan santri menulis dan menggambar huruf kaligrafi Asmaul Husna. 4) Menerapkan sistem tutor sebaya setelah santri selesai menulis kaligrafi. 5) Memanggil santri untuk mengaji sesuai dengan urutan antriannya dengan menggunakan metode Iqro‟. 6) Sholat Ashar berjama‟ah. 7) Membaca do‟a sebelum pembelajaran AlQur‟an selesai. 8) Membagikan dan memberi nilai hasil tulisan kaligrafi. 9). Menerapkan budaya salam terhadap guru.