PENGARUH PERMAINAN LONCAT DI ATAS PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 76 KOTA BENGKULU

Main Author: Juwita Sari, Ninda
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainbengkulu.ac.id/3569/1/NINDA%20JUWITA%20SARI.pdf
http://repository.iainbengkulu.ac.id/3569/
ctrlnum 3569
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainbengkulu.ac.id/3569/</relation><title>PENGARUH PERMAINAN LONCAT DI ATAS PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 76 KOTA BENGKULU</title><creator>Juwita Sari, Ninda</creator><subject>LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh permainan loncat di atas puzzle dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas II SD Negeri 76 Kota Bengkulu. Penelitian ini melibatkan dua variabel yakni variabel bebas yaitu pengaruh permainan loncat di atas puzzle sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar. Populasi dalam ini adalah siswa kelas II di SD Negeri 76 Kota Bengkulu yang berjumlah 90 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas II B di SD Negeri 76 Kota Bengkulu yang berjumlah 29, menggunakan simple random sampling, Dikatakan simple random sampling karena pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa pada kelas eksperimen, terdapat 6 siswa di kelompok atas/tinggi (20,68%), 20 siswa kelompok tengah/sedang (68,96%), dan 3 siswa di kelompok bawah/rendah (10,34%). Dan pada kelas kontrol terdapat 5 siswa di kelompok atas/tinggi (17,24%), 18 siswa kelompok tengah/sedang (62,06%), dan 6 siswa di kelompok bawah/rendah (20,68%) di SD Negeri 76 Kota Bengkulu. Dari hasil penelitian membuktikan bahwa permainan loncat di atas puzzle memberikan perbedaan pengaruh terhadap hasil belajar siswa siswa kelas II SD Negeri 76 Kota Bengkulu. Hal ini membuktikan uji t dengan rumus uji independen t-tes yang ditemukan thitung &gt; ttabel (7,270 &gt;1,672) nilai ini menunjukkan perbedaan pengaruh yang positif. Jadi terdapat perbedaan pengaruh antara permainan loncat di atas puzzle dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas II SD Negeri 76 Kota Bengkulu.</description><date>2019-08-30</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainbengkulu.ac.id/3569/1/NINDA%20JUWITA%20SARI.pdf</identifier><identifier> Juwita Sari, Ninda (2019) PENGARUH PERMAINAN LONCAT DI ATAS PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 76 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU. </identifier><recordID>3569</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Thesis:Bachelors
author Juwita Sari, Ninda
title PENGARUH PERMAINAN LONCAT DI ATAS PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 76 KOTA BENGKULU
publishDate 2019
topic LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
url http://repository.iainbengkulu.ac.id/3569/1/NINDA%20JUWITA%20SARI.pdf
http://repository.iainbengkulu.ac.id/3569/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh permainan loncat di atas puzzle dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas II SD Negeri 76 Kota Bengkulu. Penelitian ini melibatkan dua variabel yakni variabel bebas yaitu pengaruh permainan loncat di atas puzzle sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar. Populasi dalam ini adalah siswa kelas II di SD Negeri 76 Kota Bengkulu yang berjumlah 90 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas II B di SD Negeri 76 Kota Bengkulu yang berjumlah 29, menggunakan simple random sampling, Dikatakan simple random sampling karena pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa pada kelas eksperimen, terdapat 6 siswa di kelompok atas/tinggi (20,68%), 20 siswa kelompok tengah/sedang (68,96%), dan 3 siswa di kelompok bawah/rendah (10,34%). Dan pada kelas kontrol terdapat 5 siswa di kelompok atas/tinggi (17,24%), 18 siswa kelompok tengah/sedang (62,06%), dan 6 siswa di kelompok bawah/rendah (20,68%) di SD Negeri 76 Kota Bengkulu. Dari hasil penelitian membuktikan bahwa permainan loncat di atas puzzle memberikan perbedaan pengaruh terhadap hasil belajar siswa siswa kelas II SD Negeri 76 Kota Bengkulu. Hal ini membuktikan uji t dengan rumus uji independen t-tes yang ditemukan thitung > ttabel (7,270 >1,672) nilai ini menunjukkan perbedaan pengaruh yang positif. Jadi terdapat perbedaan pengaruh antara permainan loncat di atas puzzle dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas II SD Negeri 76 Kota Bengkulu.
id IOS5532.3569
institution IAIN Bengkulu
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 1906
institution_type library:university
library
library Pusat Perpustakaan IAIN Bengkulu
library_id 1554
collection Repository IAIN Bengkulu
repository_id 5532
subject_area Personnel Management/Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM
bisnis administrasi
city KOTA BENGKULU
province BENGKULU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS5532
first_indexed 2019-09-24T23:54:46Z
last_indexed 2019-09-24T23:54:46Z
recordtype dc
_version_ 1686360357938921473
score 17.538404