PENGARUH PERMAINAN LONCAT DI ATAS PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 76 KOTA BENGKULU
Main Author: | Juwita Sari, Ninda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainbengkulu.ac.id/3569/1/NINDA%20JUWITA%20SARI.pdf http://repository.iainbengkulu.ac.id/3569/ |
ctrlnum |
3569 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainbengkulu.ac.id/3569/</relation><title>PENGARUH PERMAINAN LONCAT DI ATAS PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 76 KOTA BENGKULU</title><creator>Juwita Sari, Ninda</creator><subject>LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh permainan loncat di atas puzzle dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas II SD Negeri 76 Kota Bengkulu. Penelitian ini melibatkan dua variabel yakni variabel bebas yaitu pengaruh permainan loncat di atas puzzle sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar. Populasi dalam ini adalah siswa kelas II di SD Negeri 76 Kota Bengkulu yang berjumlah 90 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas II B di SD Negeri 76 Kota Bengkulu yang berjumlah 29, menggunakan simple random sampling, Dikatakan simple random sampling karena pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa pada kelas eksperimen, terdapat 6 siswa di kelompok atas/tinggi (20,68%), 20 siswa kelompok tengah/sedang (68,96%), dan 3 siswa di kelompok bawah/rendah (10,34%). Dan pada kelas kontrol terdapat 5 siswa di kelompok atas/tinggi (17,24%), 18 siswa kelompok tengah/sedang (62,06%), dan 6 siswa di kelompok bawah/rendah (20,68%) di SD Negeri 76 Kota Bengkulu. Dari hasil penelitian membuktikan bahwa permainan loncat di atas puzzle memberikan perbedaan pengaruh terhadap hasil belajar siswa siswa kelas II SD Negeri 76 Kota Bengkulu. Hal ini membuktikan uji t dengan rumus uji independen t-tes yang ditemukan thitung > ttabel (7,270 >1,672) nilai ini menunjukkan perbedaan pengaruh yang positif. Jadi terdapat perbedaan pengaruh antara permainan loncat di atas puzzle dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas II SD Negeri 76 Kota Bengkulu.</description><date>2019-08-30</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainbengkulu.ac.id/3569/1/NINDA%20JUWITA%20SARI.pdf</identifier><identifier> Juwita Sari, Ninda (2019) PENGARUH PERMAINAN LONCAT DI ATAS PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 76 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU. </identifier><recordID>3569</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book Thesis:Bachelors |
author |
Juwita Sari, Ninda |
title |
PENGARUH PERMAINAN LONCAT DI ATAS PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 76 KOTA BENGKULU |
publishDate |
2019 |
topic |
LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
url |
http://repository.iainbengkulu.ac.id/3569/1/NINDA%20JUWITA%20SARI.pdf http://repository.iainbengkulu.ac.id/3569/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh permainan loncat di atas puzzle dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas II SD Negeri 76 Kota Bengkulu. Penelitian ini melibatkan dua variabel yakni variabel bebas yaitu pengaruh permainan loncat di atas puzzle sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar. Populasi dalam ini adalah siswa kelas II di SD Negeri 76 Kota Bengkulu yang berjumlah 90 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas II B di SD Negeri 76 Kota Bengkulu yang berjumlah 29, menggunakan simple random sampling, Dikatakan simple random sampling karena pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa pada kelas eksperimen, terdapat 6 siswa di kelompok atas/tinggi (20,68%), 20 siswa kelompok tengah/sedang (68,96%), dan 3 siswa di kelompok bawah/rendah (10,34%). Dan pada kelas kontrol terdapat 5 siswa di kelompok atas/tinggi (17,24%), 18 siswa kelompok tengah/sedang (62,06%), dan 6 siswa di kelompok bawah/rendah (20,68%) di SD Negeri 76 Kota Bengkulu. Dari hasil penelitian membuktikan bahwa permainan loncat di atas puzzle memberikan perbedaan pengaruh terhadap hasil belajar siswa siswa kelas II SD Negeri 76 Kota Bengkulu. Hal ini membuktikan uji t dengan rumus uji independen t-tes yang ditemukan thitung > ttabel (7,270 >1,672) nilai ini menunjukkan perbedaan pengaruh yang positif. Jadi terdapat perbedaan pengaruh antara permainan loncat di atas puzzle dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas II SD Negeri 76 Kota Bengkulu. |
id |
IOS5532.3569 |
institution |
IAIN Bengkulu |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
1906 |
institution_type |
library:university library |
library |
Pusat Perpustakaan IAIN Bengkulu |
library_id |
1554 |
collection |
Repository IAIN Bengkulu |
repository_id |
5532 |
subject_area |
Personnel Management/Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM bisnis administrasi |
city |
KOTA BENGKULU |
province |
BENGKULU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS5532 |
first_indexed |
2019-09-24T23:54:46Z |
last_indexed |
2019-09-24T23:54:46Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686360357938921473 |
score |
17.538404 |