PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK D ENGAN MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 2 GERUNG TAHUN AJARAN 2016/2017
Main Author: | P U S P I T A, M A R L I N A E K A |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/9302/1/Artikel%20Marlina%20Eka%20Puspita%20%28E1A012025%29.pdf http://eprints.unram.ac.id/9302/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan model inkuiri terbimbing dan Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran Biologi pada peserta didik kelas X SMAN 2 Gerung tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan yaitu komparasi bersifat kausal komparatif dengan desain pretest and posttest group desigen. Populasi yang digunakan yaitu sel uruh siswa kelas X MIA SMAN 2 Gerung yang terdiri dari 2 kelas . Penentuan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh dan diperoleh kelas X MIA 1 sebagai kelas yang belajar dengan model PBL dan kelas X MIA 2 sebagai kelas yang belajar dengan model Inkuiri Te rbimbing . Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data kemampuan berpikir krits berupa tes t essay . Uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahw