PERBEDAAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI SMAN 1 SAKRA KABUPATEN LOMBOK TIMUR TAHUN AJARAN 2014/2015

Main Author: R O HMA N I, MA L I K A
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/9243/1/ARTIKEL%20SKRIPSI%20MALIKA%20ROHMANI.pdf
http://eprints.unram.ac.id/9243/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment (eksperimen semu) dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan siswa pada mata pelajaran biologi. Desain penelitiannya menggunakan pretest-postest group design tanpa kelas kontrol. Penelitian ini telah dilaksanakan di SMAN 1 Sakra dari pengaruh model pembelajaran time token dengan model discovery learning terhadap berpikir kritis bulan Maret sampai April 2015. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI-Sains tahun ajaran 2014/2015. Sampel penelitian ditentukan dengan cara sampling jenuh dan diperoleh kelas XI Sains-1 sebagai kelas eksperimen 1 diajarkan menggunakan model time token dan XI Sains-2 sebagai kelas eksperimen 2 diajarkan menggunakan model discovery learning. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis adalah tes essay. Data penelitian dianalisis menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5% dengan bantuan program data analysis Microsoft Excel 2007. Hasil penelitian terhadap kemampuan berpikir kritis menunjukan bahwa setelah dilakukan uji