PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SAINS DI KELAS V SDN 15 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2012-2013

Main Author: SODIQ, ALFIN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/8084/1/BAB%20123%20.rtf
http://eprints.unram.ac.id/8084/
Daftar Isi:
  • Dari hasil observasi berdasarkan karakteristik siswa yang muncul maka permasalahan yang ada disimpulkan bahwa kemampuan siswa kelas V di SDN 15 Ampenan untuk memahami mata pelajaran Sains masih tergolong rendah. Hal ini dikarenakan guru belum menerapkan metode yang bervariasi dalam pembelajaran Sains sehingga mengakibatkan rendahnya prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Prestasi Belajar siswa dengan penerapan Cooperative Learning teknik Make A Match. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 15 Ampenan dengan subyek penelitian seluruh siswa kelas V yang berjumlah 37 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sumber data dari siswa diperoleh dari hasil evaluasi belajar dan hasil observasi. Penelitian ini dikatakan berhasil jika terjadi peningkatan hasil belajar siswa mencapai nilai 62 dengan ketuntasan belajar mencapai 80%. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, diperoleh rata-rata prestasi belajar siswa 64,05 dengan persentase ketuntasan 70,27 %, kemudian pada siklus II rata-rata prestasi belajar siswa meningkat menjadi 77,16 dengan persentase ketuntasan 86,49 %. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan Cooperative Learning teknik Make A Match dalam pembelajaran Sains dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas V SDN 15 Ampenan tahun pelajaran 2012-2013.