PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SAINS DI KELAS V SDN 15 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2012-2013

Main Author: SODIQ, ALFIN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/8084/1/BAB%20123%20.rtf
http://eprints.unram.ac.id/8084/
ctrlnum 8084
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/8084/</relation><title>PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SAINS DI KELAS V SDN 15 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2012-2013</title><creator>SODIQ, ALFIN</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Dari hasil observasi berdasarkan karakteristik siswa yang muncul maka permasalahan yang ada disimpulkan bahwa kemampuan siswa kelas V di SDN 15 Ampenan untuk memahami mata pelajaran Sains masih tergolong rendah. Hal ini dikarenakan guru belum menerapkan metode yang bervariasi dalam pembelajaran Sains sehingga mengakibatkan rendahnya prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Prestasi Belajar siswa dengan penerapan Cooperative Learning teknik Make A Match. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 15 Ampenan dengan subyek penelitian seluruh siswa kelas V yang berjumlah 37 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sumber data dari siswa diperoleh dari hasil evaluasi belajar dan hasil observasi. Penelitian ini dikatakan berhasil jika terjadi peningkatan hasil belajar siswa mencapai nilai 62 dengan ketuntasan belajar mencapai 80%. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, diperoleh rata-rata prestasi belajar siswa 64,05 dengan persentase ketuntasan 70,27 %, kemudian pada siklus II rata-rata prestasi belajar siswa meningkat menjadi 77,16 dengan persentase ketuntasan 86,49 %. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan Cooperative Learning teknik Make A Match dalam pembelajaran Sains dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas V SDN 15 Ampenan tahun pelajaran 2012-2013.</description><date>2013</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/8084/1/BAB%20123%20.rtf</identifier><identifier> SODIQ, ALFIN (2013) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SAINS DI KELAS V SDN 15 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2012-2013. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>8084</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author SODIQ, ALFIN
title PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SAINS DI KELAS V SDN 15 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2012-2013
publishDate 2013
topic L Education (General)
url http://eprints.unram.ac.id/8084/1/BAB%20123%20.rtf
http://eprints.unram.ac.id/8084/
contents Dari hasil observasi berdasarkan karakteristik siswa yang muncul maka permasalahan yang ada disimpulkan bahwa kemampuan siswa kelas V di SDN 15 Ampenan untuk memahami mata pelajaran Sains masih tergolong rendah. Hal ini dikarenakan guru belum menerapkan metode yang bervariasi dalam pembelajaran Sains sehingga mengakibatkan rendahnya prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Prestasi Belajar siswa dengan penerapan Cooperative Learning teknik Make A Match. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 15 Ampenan dengan subyek penelitian seluruh siswa kelas V yang berjumlah 37 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sumber data dari siswa diperoleh dari hasil evaluasi belajar dan hasil observasi. Penelitian ini dikatakan berhasil jika terjadi peningkatan hasil belajar siswa mencapai nilai 62 dengan ketuntasan belajar mencapai 80%. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, diperoleh rata-rata prestasi belajar siswa 64,05 dengan persentase ketuntasan 70,27 %, kemudian pada siklus II rata-rata prestasi belajar siswa meningkat menjadi 77,16 dengan persentase ketuntasan 86,49 %. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan Cooperative Learning teknik Make A Match dalam pembelajaran Sains dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas V SDN 15 Ampenan tahun pelajaran 2012-2013.
id IOS5428.8084
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mataram
library_id 541
collection Institutional Repository
repository_id 5428
subject_area Law/Ilmu Hukum
Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan
Agriculture/Industri Pertanian
Economic Institutions/Institusi Ekonomi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5428
first_indexed 2019-05-08T15:08:32Z
last_indexed 2019-05-08T15:08:32Z
recordtype dc
_version_ 1686351115614945280
score 17.538404