PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA, KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP NEGERI 3 PRINGGABAYA LOMBOK TIMUR

Main Author: Rustam, Rustam
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/7829/1/Artikel%20Tesis%20Rutam.docx
http://eprints.unram.ac.id/7829/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran IPA sebaiknya dilaksanakan secara inkuiri ilmiah (scientific inquiry) dalam upaya menumbuhkan kemampuan berpikir, bekerja, dan bersikap ilmiah. Hasil observasi di SMPN 3 Pringgabaya menunjukkan bahwa sebagian besar siswa belum terlatih keberaniannya untuk menyampaikan gagasan dan pendapatnya. Proses pembelajaran belum sepenuhnya melibatkan siswa dalam menemukan konsep. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ITBP terhadap pemahaman konsep IPA, keterampilan proses sains, dan kemampuan berpikir kritis pada materi fotosintesis. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan analisis Manova dan uji t. Hasil penelitian menyimpulkan : (1) Model pembelajarn ITBP berpengaruhterhadap pemahaman konsep IPA, (2) Model pembelajaran ITBP berpengaruh terhadap keterampilan proses sains, (3) Model pembelajaran ITBP berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis, dan (4) Model pembelajaran ITBP berpengaruh secara simultan terhadap pemahaman konsep IPA, keterampilan proses sains, dan kemampuan berpikir kritis. Kata Kunci :