PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA, KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP NEGERI 3 PRINGGABAYA LOMBOK TIMUR

Main Author: Rustam, Rustam
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/7829/1/Artikel%20Tesis%20Rutam.docx
http://eprints.unram.ac.id/7829/
ctrlnum 7829
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/7829/</relation><title>PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA, &#xD; KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN &#xD; BERPIKIR KRITIS SISWA SMP NEGERI 3 &#xD; PRINGGABAYA LOMBOK TIMUR</title><creator>Rustam, Rustam</creator><subject>L Education (General)</subject><subject>Q Science (General)</subject><description>Pembelajaran IPA sebaiknya dilaksanakan secara inkuiri ilmiah (scientific inquiry) dalam upaya menumbuhkan kemampuan berpikir, bekerja, dan bersikap ilmiah. Hasil observasi di SMPN 3 Pringgabaya menunjukkan bahwa sebagian besar siswa belum terlatih keberaniannya untuk menyampaikan gagasan dan pendapatnya. Proses pembelajaran belum sepenuhnya melibatkan siswa dalam menemukan konsep. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ITBP terhadap pemahaman konsep IPA, keterampilan proses sains, dan kemampuan berpikir kritis pada materi fotosintesis. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan analisis Manova dan uji t. Hasil penelitian menyimpulkan : (1) Model pembelajarn ITBP berpengaruhterhadap pemahaman konsep IPA, (2) Model pembelajaran ITBP berpengaruh terhadap keterampilan proses sains, (3) Model pembelajaran ITBP berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis, dan (4) Model pembelajaran ITBP berpengaruh secara simultan terhadap pemahaman konsep IPA, keterampilan proses sains, dan kemampuan berpikir kritis.&#xD; Kata Kunci :</description><date>2016</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/7829/1/Artikel%20Tesis%20Rutam.docx</identifier><identifier> Rustam, Rustam (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA, KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP NEGERI 3 PRINGGABAYA LOMBOK TIMUR. S2 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>7829</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Rustam, Rustam
title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA, KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP NEGERI 3 PRINGGABAYA LOMBOK TIMUR
publishDate 2016
topic L Education (General)
Q Science (General)
url http://eprints.unram.ac.id/7829/1/Artikel%20Tesis%20Rutam.docx
http://eprints.unram.ac.id/7829/
contents Pembelajaran IPA sebaiknya dilaksanakan secara inkuiri ilmiah (scientific inquiry) dalam upaya menumbuhkan kemampuan berpikir, bekerja, dan bersikap ilmiah. Hasil observasi di SMPN 3 Pringgabaya menunjukkan bahwa sebagian besar siswa belum terlatih keberaniannya untuk menyampaikan gagasan dan pendapatnya. Proses pembelajaran belum sepenuhnya melibatkan siswa dalam menemukan konsep. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ITBP terhadap pemahaman konsep IPA, keterampilan proses sains, dan kemampuan berpikir kritis pada materi fotosintesis. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan analisis Manova dan uji t. Hasil penelitian menyimpulkan : (1) Model pembelajarn ITBP berpengaruhterhadap pemahaman konsep IPA, (2) Model pembelajaran ITBP berpengaruh terhadap keterampilan proses sains, (3) Model pembelajaran ITBP berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis, dan (4) Model pembelajaran ITBP berpengaruh secara simultan terhadap pemahaman konsep IPA, keterampilan proses sains, dan kemampuan berpikir kritis. Kata Kunci :
id IOS5428.7829
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mataram
library_id 541
collection Institutional Repository
repository_id 5428
subject_area Law/Ilmu Hukum
Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan
Agriculture/Industri Pertanian
Economic Institutions/Institusi Ekonomi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5428
first_indexed 2019-05-08T15:08:26Z
last_indexed 2019-05-08T15:08:26Z
recordtype dc
_version_ 1686351113809297408
score 17.538404