PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Main Author: Patmah, Patmah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/7823/1/Artikel%20Gabung_Patmah%20%281%29.docx
http://eprints.unram.ac.id/7823/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran siklus belajar (Learning Cycle) 7E dan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar Kimia siswa, (2) untuk mengetahui pengaruh kemampuan bepikir kritis (KBK) terhadap hasil belajar Kimia siswa, dan (3) untuk mengetahui pengaruh interaksi antara model pembelajaran (Learning Cycle 7E-Konvensional) dengan kemampuan berpikir kritis (Tinggi – Rendah) terhadap hasil belajar kimia siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan rancangan desain faktorial 2 x 2. Variabel dalam penilitian ini terdiri dari variable bebas, variabel moderator, dan variabel terikat. Model pembelajaran Learning Cycle 7E dan model pembelajaran konvensional dipergunakan sebagai variabel bebas, KBK siswa dipergunakan sebagai variable moderator, dan hasil belajar dipergunakan sebagai variable terikat. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Lingsar dengan populasi sebanyak 237 peserta didik, sampel penelitian sebanyak 70 peserta didik yang terbagi dalam 2 kelas perlakuan yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen memperoleh perlakuan model pembelajaran Learning Cycle 7E pada pembelajaran Kimia materi Hidrokarbon sedangkan kelas kontrol memperoleh perlakuan model pembelajaran konvensional. Analisis hasil penelitian menggunakan uji Two Way ANACOVA pada taraf signifikasi 5%. Hasil analisis menunjukkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle tipe 7E berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa, dimana rata-rata hasil belajar materi senyawa hidrokarbon kelompok siswa kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dibanding kelompok siswa kelas Kontrol. Hasil penelitian terhadap kemampuan KBK diperoleh dua kelompok KBK yaitu kelompok KBK tinggi dan kelompok KBK rendah pada setiap kelas perlakuan. Sesuai hasil analisis, disimpulkan bahwa KBK berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa, dimana rata-rata hasil belajar siswa kelompok KBK tinggi, lebih tinggi secara signifikan dibanding kelompok KBK rendah. Hasil analisis terhadap interaksi model pembelajaran dan KBK menunjukkan bahwa interaksi antara model pembelajaran (Learning Cycle 7E – Kontrol) dan kelompok KBK (Tinggi – Rendah) berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa Kata kunci :