PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Main Author: Patmah, Patmah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/7823/1/Artikel%20Gabung_Patmah%20%281%29.docx
http://eprints.unram.ac.id/7823/
ctrlnum 7823
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/7823/</relation><title>PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA</title><creator>Patmah, Patmah</creator><subject>L Education (General)</subject><subject>Q Science (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran siklus belajar (Learning Cycle) 7E dan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar Kimia siswa, (2) untuk mengetahui pengaruh kemampuan bepikir kritis (KBK) terhadap hasil belajar Kimia siswa, dan (3) untuk mengetahui pengaruh interaksi antara model pembelajaran (Learning Cycle 7E-Konvensional) dengan kemampuan berpikir kritis (Tinggi &#x2013; Rendah) terhadap hasil belajar kimia siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan rancangan desain faktorial 2 x 2. Variabel dalam penilitian ini terdiri dari variable bebas, variabel moderator, dan variabel terikat. Model pembelajaran Learning Cycle 7E dan model pembelajaran konvensional dipergunakan sebagai variabel bebas, KBK siswa dipergunakan sebagai variable moderator, dan hasil belajar dipergunakan sebagai variable terikat. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Lingsar dengan populasi sebanyak 237 peserta didik, sampel penelitian sebanyak 70 peserta didik yang terbagi dalam 2 kelas perlakuan yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen memperoleh perlakuan model pembelajaran Learning Cycle 7E pada pembelajaran Kimia materi Hidrokarbon sedangkan kelas kontrol memperoleh perlakuan model pembelajaran konvensional. Analisis hasil penelitian menggunakan uji Two Way ANACOVA pada taraf signifikasi 5%. Hasil analisis menunjukkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle tipe 7E berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa, dimana rata-rata hasil belajar materi senyawa hidrokarbon kelompok siswa kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dibanding kelompok siswa kelas Kontrol. Hasil penelitian terhadap kemampuan KBK diperoleh dua kelompok KBK yaitu kelompok KBK tinggi dan kelompok KBK rendah pada setiap kelas perlakuan. Sesuai hasil analisis, disimpulkan bahwa KBK berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa, dimana rata-rata hasil belajar siswa kelompok KBK tinggi, lebih tinggi secara signifikan dibanding kelompok KBK rendah. Hasil analisis terhadap interaksi model pembelajaran dan KBK menunjukkan bahwa interaksi antara model pembelajaran (Learning Cycle 7E &#x2013; Kontrol) dan kelompok KBK (Tinggi &#x2013; Rendah) berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa&#xD; &#xD; Kata kunci :</description><date>2016</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/7823/1/Artikel%20Gabung_Patmah%20%281%29.docx</identifier><identifier> Patmah, Patmah (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. S2 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>7823</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Patmah, Patmah
title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA
publishDate 2016
topic L Education (General)
Q Science (General)
url http://eprints.unram.ac.id/7823/1/Artikel%20Gabung_Patmah%20%281%29.docx
http://eprints.unram.ac.id/7823/
contents Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran siklus belajar (Learning Cycle) 7E dan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar Kimia siswa, (2) untuk mengetahui pengaruh kemampuan bepikir kritis (KBK) terhadap hasil belajar Kimia siswa, dan (3) untuk mengetahui pengaruh interaksi antara model pembelajaran (Learning Cycle 7E-Konvensional) dengan kemampuan berpikir kritis (Tinggi – Rendah) terhadap hasil belajar kimia siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan rancangan desain faktorial 2 x 2. Variabel dalam penilitian ini terdiri dari variable bebas, variabel moderator, dan variabel terikat. Model pembelajaran Learning Cycle 7E dan model pembelajaran konvensional dipergunakan sebagai variabel bebas, KBK siswa dipergunakan sebagai variable moderator, dan hasil belajar dipergunakan sebagai variable terikat. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Lingsar dengan populasi sebanyak 237 peserta didik, sampel penelitian sebanyak 70 peserta didik yang terbagi dalam 2 kelas perlakuan yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen memperoleh perlakuan model pembelajaran Learning Cycle 7E pada pembelajaran Kimia materi Hidrokarbon sedangkan kelas kontrol memperoleh perlakuan model pembelajaran konvensional. Analisis hasil penelitian menggunakan uji Two Way ANACOVA pada taraf signifikasi 5%. Hasil analisis menunjukkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle tipe 7E berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa, dimana rata-rata hasil belajar materi senyawa hidrokarbon kelompok siswa kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dibanding kelompok siswa kelas Kontrol. Hasil penelitian terhadap kemampuan KBK diperoleh dua kelompok KBK yaitu kelompok KBK tinggi dan kelompok KBK rendah pada setiap kelas perlakuan. Sesuai hasil analisis, disimpulkan bahwa KBK berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa, dimana rata-rata hasil belajar siswa kelompok KBK tinggi, lebih tinggi secara signifikan dibanding kelompok KBK rendah. Hasil analisis terhadap interaksi model pembelajaran dan KBK menunjukkan bahwa interaksi antara model pembelajaran (Learning Cycle 7E – Kontrol) dan kelompok KBK (Tinggi – Rendah) berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa Kata kunci :
id IOS5428.7823
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mataram
library_id 541
collection Institutional Repository
repository_id 5428
subject_area Law/Ilmu Hukum
Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan
Agriculture/Industri Pertanian
Economic Institutions/Institusi Ekonomi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5428
first_indexed 2019-05-08T15:08:26Z
last_indexed 2019-05-08T15:08:26Z
recordtype dc
_version_ 1686351113786228736
score 17.538404