PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF FISIKA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS DITINJAU DARI MOTIVASI SISWA
Main Author: | SUBKI, SUBKI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/7797/1/02.%20BAB%204%2C%205%20dan%206%20TESIS%20SUBKI%20OKE.pdf http://eprints.unram.ac.id/7797/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif fisika dan mengetahui pengaruhnya terhadap hasil belajar dan keterampilan generik sains siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada tahap akhir pengembangan dilakukan evaluasi untuk mengkaji pengaruh penggunaan mutimedia interaktif terhadap hasil belajar dan keterampilan generik sains siswa. Pembelajaran materi fluida dinamis di kelas eksperimen menggunakan multimedia interaktif sedangkan di kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Selanjutnya hasil pembelajaran di kedua kelas dianalisis menggunakan uji Anava dua jalan dan skor gain ternormalisasi (N-gain). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) produk multimedia pembelajaran yang dikembangkan sangat layak digunakan, (2) penggunaan multimedia interaktif berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar dan keterampilan generik sains siswa. Peningkatan hasil belajar tertinggi terdapat pada sub materi hukum Bernoulli dan peningkatan keterampilan generik sains tertinggi terdapat pada indikator membangun konsep, (3) motivasi belajar tidak berpengaruh terhadap hasil belajar dan keterampilan generik sains siswa. Kata kunci: