PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF FISIKA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS DITINJAU DARI MOTIVASI SISWA
Main Author: | SUBKI, SUBKI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/7797/1/02.%20BAB%204%2C%205%20dan%206%20TESIS%20SUBKI%20OKE.pdf http://eprints.unram.ac.id/7797/ |
ctrlnum |
7797 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/7797/</relation><title>PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF FISIKA 
MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DAN PENGARUHNYA 
TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN GENERIK 
SAINS DITINJAU DARI MOTIVASI SISWA</title><creator>SUBKI, SUBKI</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif fisika dan 
mengetahui pengaruhnya terhadap hasil belajar dan keterampilan generik sains 
siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan model 
ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada tahap 
akhir pengembangan dilakukan evaluasi untuk mengkaji pengaruh penggunaan 
mutimedia interaktif terhadap hasil belajar dan keterampilan generik sains siswa. 
Pembelajaran materi fluida dinamis di kelas eksperimen menggunakan 
multimedia interaktif sedangkan di kelas kontrol menggunakan pembelajaran 
konvensional. Selanjutnya hasil pembelajaran di kedua kelas dianalisis 
menggunakan uji Anava dua jalan dan skor gain ternormalisasi (N-gain). 
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) produk multimedia 
pembelajaran yang dikembangkan sangat layak digunakan, (2) penggunaan 
multimedia interaktif berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar dan 
keterampilan generik sains siswa. Peningkatan hasil belajar tertinggi terdapat pada 
sub materi hukum Bernoulli dan peningkatan keterampilan generik sains tertinggi 
terdapat pada indikator membangun konsep, (3) motivasi belajar tidak 
berpengaruh terhadap hasil belajar dan keterampilan generik sains siswa. 

Kata kunci:</description><date>2015</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/7797/1/02.%20BAB%204%2C%205%20dan%206%20TESIS%20SUBKI%20OKE.pdf</identifier><identifier> SUBKI, SUBKI (2015) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF FISIKA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS DITINJAU DARI MOTIVASI SISWA. S2 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>7797</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
SUBKI, SUBKI |
title |
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF FISIKA
MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DAN PENGARUHNYA
TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN GENERIK
SAINS DITINJAU DARI MOTIVASI SISWA |
publishDate |
2015 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.unram.ac.id/7797/1/02.%20BAB%204%2C%205%20dan%206%20TESIS%20SUBKI%20OKE.pdf http://eprints.unram.ac.id/7797/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif fisika dan
mengetahui pengaruhnya terhadap hasil belajar dan keterampilan generik sains
siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan model
ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada tahap
akhir pengembangan dilakukan evaluasi untuk mengkaji pengaruh penggunaan
mutimedia interaktif terhadap hasil belajar dan keterampilan generik sains siswa.
Pembelajaran materi fluida dinamis di kelas eksperimen menggunakan
multimedia interaktif sedangkan di kelas kontrol menggunakan pembelajaran
konvensional. Selanjutnya hasil pembelajaran di kedua kelas dianalisis
menggunakan uji Anava dua jalan dan skor gain ternormalisasi (N-gain).
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) produk multimedia
pembelajaran yang dikembangkan sangat layak digunakan, (2) penggunaan
multimedia interaktif berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar dan
keterampilan generik sains siswa. Peningkatan hasil belajar tertinggi terdapat pada
sub materi hukum Bernoulli dan peningkatan keterampilan generik sains tertinggi
terdapat pada indikator membangun konsep, (3) motivasi belajar tidak
berpengaruh terhadap hasil belajar dan keterampilan generik sains siswa.
Kata kunci: |
id |
IOS5428.7797 |
institution |
Universitas Mataram |
institution_id |
133 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Mataram |
library_id |
541 |
collection |
Institutional Repository |
repository_id |
5428 |
subject_area |
Law/Ilmu Hukum Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan Agriculture/Industri Pertanian Economic Institutions/Institusi Ekonomi |
city |
KOTA MATARAM |
province |
NUSA TENGGARA BARAT |
repoId |
IOS5428 |
first_indexed |
2019-05-08T15:08:24Z |
last_indexed |
2019-05-08T15:08:24Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686351113676128256 |
score |
17.538404 |