PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF FISIKA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS DITINJAU DARI MOTIVASI SISWA

Main Author: SUBKI, SUBKI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/7797/1/02.%20BAB%204%2C%205%20dan%206%20TESIS%20SUBKI%20OKE.pdf
http://eprints.unram.ac.id/7797/
ctrlnum 7797
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/7797/</relation><title>PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF FISIKA &#xD; MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DAN PENGARUHNYA &#xD; TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN GENERIK &#xD; SAINS DITINJAU DARI MOTIVASI SISWA</title><creator>SUBKI, SUBKI</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif fisika dan &#xD; mengetahui pengaruhnya terhadap hasil belajar dan keterampilan generik sains &#xD; siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan model &#xD; ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada tahap &#xD; akhir pengembangan dilakukan evaluasi untuk mengkaji pengaruh penggunaan &#xD; mutimedia interaktif terhadap hasil belajar dan keterampilan generik sains siswa. &#xD; Pembelajaran materi fluida dinamis di kelas eksperimen menggunakan &#xD; multimedia interaktif sedangkan di kelas kontrol menggunakan pembelajaran &#xD; konvensional. Selanjutnya hasil pembelajaran di kedua kelas dianalisis &#xD; menggunakan uji Anava dua jalan dan skor gain ternormalisasi (N-gain). &#xD; Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) produk multimedia &#xD; pembelajaran yang dikembangkan sangat layak digunakan, (2) penggunaan &#xD; multimedia interaktif berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar dan &#xD; keterampilan generik sains siswa. Peningkatan hasil belajar tertinggi terdapat pada &#xD; sub materi hukum Bernoulli dan peningkatan keterampilan generik sains tertinggi &#xD; terdapat pada indikator membangun konsep, (3) motivasi belajar tidak &#xD; berpengaruh terhadap hasil belajar dan keterampilan generik sains siswa. &#xD; &#xD; Kata kunci:</description><date>2015</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/7797/1/02.%20BAB%204%2C%205%20dan%206%20TESIS%20SUBKI%20OKE.pdf</identifier><identifier> SUBKI, SUBKI (2015) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF FISIKA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS DITINJAU DARI MOTIVASI SISWA. S2 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>7797</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author SUBKI, SUBKI
title PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF FISIKA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS DITINJAU DARI MOTIVASI SISWA
publishDate 2015
topic L Education (General)
url http://eprints.unram.ac.id/7797/1/02.%20BAB%204%2C%205%20dan%206%20TESIS%20SUBKI%20OKE.pdf
http://eprints.unram.ac.id/7797/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif fisika dan mengetahui pengaruhnya terhadap hasil belajar dan keterampilan generik sains siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada tahap akhir pengembangan dilakukan evaluasi untuk mengkaji pengaruh penggunaan mutimedia interaktif terhadap hasil belajar dan keterampilan generik sains siswa. Pembelajaran materi fluida dinamis di kelas eksperimen menggunakan multimedia interaktif sedangkan di kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Selanjutnya hasil pembelajaran di kedua kelas dianalisis menggunakan uji Anava dua jalan dan skor gain ternormalisasi (N-gain). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) produk multimedia pembelajaran yang dikembangkan sangat layak digunakan, (2) penggunaan multimedia interaktif berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar dan keterampilan generik sains siswa. Peningkatan hasil belajar tertinggi terdapat pada sub materi hukum Bernoulli dan peningkatan keterampilan generik sains tertinggi terdapat pada indikator membangun konsep, (3) motivasi belajar tidak berpengaruh terhadap hasil belajar dan keterampilan generik sains siswa. Kata kunci:
id IOS5428.7797
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mataram
library_id 541
collection Institutional Repository
repository_id 5428
subject_area Law/Ilmu Hukum
Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan
Agriculture/Industri Pertanian
Economic Institutions/Institusi Ekonomi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5428
first_indexed 2019-05-08T15:08:24Z
last_indexed 2019-05-08T15:08:24Z
recordtype dc
_version_ 1686351113676128256
score 17.538404