PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE TIPE VALUE INQUIRY RANDOM QUESTION TECHNIQUE (VCT TIPE VIRQT) TERHADAP INTERNALISASI NILAI NASIONALISME SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI MAN 1 MATARAM

Main Author: Saputra, Irawan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/764/1/9.%20BAB%201%2C%202%2C%203%2C%204%2C%205.pdf
http://eprints.unram.ac.id/764/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Value Clarification Technique Tipe Value Inquiry Random Question Technique terhadap internalisasi nilai nasionalisme siswa pada mata pelajaran PPKn di MAN 1 Mataram pada tahun ajaran 2016/ 2017. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 38 orang pada kelas eksperimen dan 36 orang pada kelas kontrol. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket sebanyak 52 butir yang telah memenuhi validitas dan realibilitas instrumen. Berdasarkan hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan uji-t diperoleh = 7, sedangkan dengan dk= 72 pada taraf signifikansi 5% sehingga nilai 7 > = 1,671 , maka dapat dinyatakan hipotesis penelitian diterima yang berarti ada pengaruh yang signifikan atas penggunaan strategi pembelajaran ‘’Value Clarification Technique tipe Value Inquiry Random Question Technique’’ terhadap internalisasi nilai nasionalisme siswa pada mata pelajaran PPKn di MAN 1 Mataram.