Penerapan Pendekatan Scientific Berbasis Peta Pikiran Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar Limas Dan Prisma Tegak Kelas VIII H SMP Negeri 5 Mataram Tahun Ajaran 2014 / 2015

Main Author: Harianto, Deni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5531/1/jurnal%20skripsi%20deni.docx
http://eprints.unram.ac.id/5531/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat pemahaman konsep siswa kelas VIII H SMP Negeri 5 Mataram. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII H SMP Negeri 5 Mataram pada materi pokok bangun ruang sisi datar limas dan prisma tegak tahun ajaran 2014/2015 melalui penerapan pendekatan scientific berbasis peta pikiran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindak kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah terjadinya peningkatan pemahaman konsep matematika siswa. Pemahaman konsep matematika siswa dikatakan meningkat jika terjadi peningkatan nilai rata – rata siswa pada tiap siklus hingga mencapai minimal rata – rata nilai lebih dari atau sama dengan 7,5 dengan ketuntasan klasikal ≥ 85%. Dari hasil evaluasi belajar didapat skor rata – rata nilai tes pemahaman konsep matematika siswa mengalami peningkatan pada tiap siklus, yaitu pada siklus I rata – rata skor hasil evaluasi belajar 7,28 dengan persentase ketuntasan 38,46% dan pada siklus II skor rata-rata hasil evaluasi belajar 8,82 dengan persentase ketuntasan 90%. Berdasarkan pencapaian yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan scientific berbasis peta pikiran secara optimal dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada materi pokok bangun ruang sisi datar limas dan prisma tegak kelas VIII H SMP Negeri 5 Mataram tahun ajaran 2014/2015.