STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR MATERI POKOK HIDROLISIS GARAM MENGGUNAKAN METODE PRAKTIKUM DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Author: | PUTRI, IDA AYU CINTYA YULIASMINI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/5250/1/JURNAL%20SKRIPSI%20%28I%20PUTU%20SATRIA%20WIRAYUDHA%29.pdf http://eprints.unram.ac.id/5250/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa materi pokok hidrolisis garam dengan metode praktikum antara model pembelajaran inkuiri dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada siswa kelas XI SMAN 1 Lingsar tahun pelajaran 2015/2016. Desain penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu dengan rancangan penelitian non-equivalent design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Lingsar yang terdiri atas tiga kelas, yaitu kelas XI IPA 1, XI IPA 2 dan XI IPA 3. Dengan teknik purposive sampling maka didapatkan kelas sampel yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen 1 menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan metode praktikum dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen 2 menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode praktikum. Hasil uji hipotesis melalui uji anakova dengan Fhitung sebesar 12,20, sedangkan nilai Ftabel pada taraf signifikan 5% sebesar 4,00, Fhitung > Ftabel yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar materi pokok hidrolisis garam menggunakan metode praktikum dengan model pembelajaran inkuiri dan inkuiri terbimbing pada siswa kelas XI SMAN 1 Lingsar tahun pelajaran 2015/2016. Model pembelajaran inkuiri dengan metode praktikum lebih baik daripada model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode praktikum.