STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR MATERI POKOK HIDROLISIS GARAM MENGGUNAKAN METODE PRAKTIKUM DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Author: PUTRI, IDA AYU CINTYA YULIASMINI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5250/1/JURNAL%20SKRIPSI%20%28I%20PUTU%20SATRIA%20WIRAYUDHA%29.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5250/
ctrlnum 5250
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/5250/</relation><title>STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR MATERI POKOK&#xD; HIDROLISIS GARAM MENGGUNAKAN METODE PRAKTIKUM&#xD; DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN INKUIRI&#xD; TERBIMBING PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 LINGSAR TAHUN&#xD; PELAJARAN 2015/2016</title><creator>PUTRI, IDA AYU CINTYA YULIASMINI</creator><subject>QC Physics</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa materi&#xD; pokok hidrolisis garam dengan metode praktikum antara model pembelajaran inkuiri&#xD; dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada siswa kelas XI SMAN 1 Lingsar&#xD; tahun pelajaran 2015/2016. Desain penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu&#xD; dengan rancangan penelitian non-equivalent design. Populasi penelitian yaitu seluruh&#xD; siswa kelas XI IPA SMAN 1 Lingsar yang terdiri atas tiga kelas, yaitu kelas XI IPA 1, XI&#xD; IPA 2 dan XI IPA 3. Dengan teknik purposive sampling maka didapatkan kelas sampel&#xD; yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen 1 menggunakan model pembelajaran&#xD; inkuiri dengan metode praktikum dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen 2&#xD; menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode praktikum. Hasil&#xD; uji hipotesis melalui uji anakova dengan Fhitung sebesar 12,20, sedangkan nilai Ftabel pada&#xD; taraf signifikan 5% sebesar 4,00, Fhitung &gt; Ftabel yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima.&#xD; Hal ini menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar materi pokok&#xD; hidrolisis garam menggunakan metode praktikum dengan model pembelajaran inkuiri dan&#xD; inkuiri terbimbing pada siswa kelas XI SMAN 1 Lingsar tahun pelajaran 2015/2016.&#xD; Model pembelajaran inkuiri dengan metode praktikum lebih baik daripada model&#xD; pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode praktikum.</description><date>2016</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/5250/1/JURNAL%20SKRIPSI%20%28I%20PUTU%20SATRIA%20WIRAYUDHA%29.pdf</identifier><identifier> PUTRI, IDA AYU CINTYA YULIASMINI (2016) STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR MATERI POKOK HIDROLISIS GARAM MENGGUNAKAN METODE PRAKTIKUM DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>5250</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author PUTRI, IDA AYU CINTYA YULIASMINI
title STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR MATERI POKOK HIDROLISIS GARAM MENGGUNAKAN METODE PRAKTIKUM DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016
publishDate 2016
topic QC Physics
url http://eprints.unram.ac.id/5250/1/JURNAL%20SKRIPSI%20%28I%20PUTU%20SATRIA%20WIRAYUDHA%29.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5250/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa materi pokok hidrolisis garam dengan metode praktikum antara model pembelajaran inkuiri dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada siswa kelas XI SMAN 1 Lingsar tahun pelajaran 2015/2016. Desain penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu dengan rancangan penelitian non-equivalent design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Lingsar yang terdiri atas tiga kelas, yaitu kelas XI IPA 1, XI IPA 2 dan XI IPA 3. Dengan teknik purposive sampling maka didapatkan kelas sampel yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen 1 menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan metode praktikum dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen 2 menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode praktikum. Hasil uji hipotesis melalui uji anakova dengan Fhitung sebesar 12,20, sedangkan nilai Ftabel pada taraf signifikan 5% sebesar 4,00, Fhitung > Ftabel yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar materi pokok hidrolisis garam menggunakan metode praktikum dengan model pembelajaran inkuiri dan inkuiri terbimbing pada siswa kelas XI SMAN 1 Lingsar tahun pelajaran 2015/2016. Model pembelajaran inkuiri dengan metode praktikum lebih baik daripada model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode praktikum.
id IOS5428.5250
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mataram
library_id 541
collection Institutional Repository
repository_id 5428
subject_area Law/Ilmu Hukum
Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan
Agriculture/Industri Pertanian
Economic Institutions/Institusi Ekonomi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5428
first_indexed 2018-07-10T08:02:02Z
last_indexed 2018-07-10T08:02:02Z
recordtype dc
_version_ 1686351099276034048
score 17.538404