STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR MATERI POKOK HIDROLISIS GARAM MENGGUNAKAN METODE PRAKTIKUM DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Author: | PUTRI, IDA AYU CINTYA YULIASMINI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/5250/1/JURNAL%20SKRIPSI%20%28I%20PUTU%20SATRIA%20WIRAYUDHA%29.pdf http://eprints.unram.ac.id/5250/ |
ctrlnum |
5250 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/5250/</relation><title>STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR MATERI POKOK
HIDROLISIS GARAM MENGGUNAKAN METODE PRAKTIKUM
DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN INKUIRI
TERBIMBING PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 LINGSAR TAHUN
PELAJARAN 2015/2016</title><creator>PUTRI, IDA AYU CINTYA YULIASMINI</creator><subject>QC Physics</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa materi
pokok hidrolisis garam dengan metode praktikum antara model pembelajaran inkuiri
dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada siswa kelas XI SMAN 1 Lingsar
tahun pelajaran 2015/2016. Desain penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu
dengan rancangan penelitian non-equivalent design. Populasi penelitian yaitu seluruh
siswa kelas XI IPA SMAN 1 Lingsar yang terdiri atas tiga kelas, yaitu kelas XI IPA 1, XI
IPA 2 dan XI IPA 3. Dengan teknik purposive sampling maka didapatkan kelas sampel
yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen 1 menggunakan model pembelajaran
inkuiri dengan metode praktikum dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen 2
menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode praktikum. Hasil
uji hipotesis melalui uji anakova dengan Fhitung sebesar 12,20, sedangkan nilai Ftabel pada
taraf signifikan 5% sebesar 4,00, Fhitung > Ftabel yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima.
Hal ini menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar materi pokok
hidrolisis garam menggunakan metode praktikum dengan model pembelajaran inkuiri dan
inkuiri terbimbing pada siswa kelas XI SMAN 1 Lingsar tahun pelajaran 2015/2016.
Model pembelajaran inkuiri dengan metode praktikum lebih baik daripada model
pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode praktikum.</description><date>2016</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/5250/1/JURNAL%20SKRIPSI%20%28I%20PUTU%20SATRIA%20WIRAYUDHA%29.pdf</identifier><identifier> PUTRI, IDA AYU CINTYA YULIASMINI (2016) STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR MATERI POKOK HIDROLISIS GARAM MENGGUNAKAN METODE PRAKTIKUM DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>5250</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
PUTRI, IDA AYU CINTYA YULIASMINI |
title |
STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR MATERI POKOK
HIDROLISIS GARAM MENGGUNAKAN METODE PRAKTIKUM
DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN INKUIRI
TERBIMBING PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 LINGSAR TAHUN
PELAJARAN 2015/2016 |
publishDate |
2016 |
topic |
QC Physics |
url |
http://eprints.unram.ac.id/5250/1/JURNAL%20SKRIPSI%20%28I%20PUTU%20SATRIA%20WIRAYUDHA%29.pdf http://eprints.unram.ac.id/5250/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa materi
pokok hidrolisis garam dengan metode praktikum antara model pembelajaran inkuiri
dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada siswa kelas XI SMAN 1 Lingsar
tahun pelajaran 2015/2016. Desain penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu
dengan rancangan penelitian non-equivalent design. Populasi penelitian yaitu seluruh
siswa kelas XI IPA SMAN 1 Lingsar yang terdiri atas tiga kelas, yaitu kelas XI IPA 1, XI
IPA 2 dan XI IPA 3. Dengan teknik purposive sampling maka didapatkan kelas sampel
yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen 1 menggunakan model pembelajaran
inkuiri dengan metode praktikum dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen 2
menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode praktikum. Hasil
uji hipotesis melalui uji anakova dengan Fhitung sebesar 12,20, sedangkan nilai Ftabel pada
taraf signifikan 5% sebesar 4,00, Fhitung > Ftabel yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima.
Hal ini menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar materi pokok
hidrolisis garam menggunakan metode praktikum dengan model pembelajaran inkuiri dan
inkuiri terbimbing pada siswa kelas XI SMAN 1 Lingsar tahun pelajaran 2015/2016.
Model pembelajaran inkuiri dengan metode praktikum lebih baik daripada model
pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode praktikum. |
id |
IOS5428.5250 |
institution |
Universitas Mataram |
institution_id |
133 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Mataram |
library_id |
541 |
collection |
Institutional Repository |
repository_id |
5428 |
subject_area |
Law/Ilmu Hukum Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan Agriculture/Industri Pertanian Economic Institutions/Institusi Ekonomi |
city |
KOTA MATARAM |
province |
NUSA TENGGARA BARAT |
repoId |
IOS5428 |
first_indexed |
2018-07-10T08:02:02Z |
last_indexed |
2018-07-10T08:02:02Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686351099276034048 |
score |
17.538404 |