PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN ALAT PERAGA TIGA DIMENSI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Main Author: Pitriah, Pitriah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5231/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan alat peraga tiga dimensi terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas XI SMAN 1 Gerung. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian Non ekuivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMAN 1 Gerung tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, dengan peserta didik kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa model pembelajaran berbasis masalah berbantuan alat peraga tiga dimensi, sedangkan peserta didik kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol diberi perlakuan berupa model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda. Hasil belajar yang diteliti merupakan hasil belajar pada ranah kognitif dari C1 sampai C6 dan ranah afektif serta ranah psikomotor. Teknik analisis data dalam penelitan ini menggunakan rumus uji statistik parametrik menggunakan t-tes polled varians dengan taraf signifikan 5% dan diperoleh hasil