PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMPN 8 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Author: MI L A H A R N O P I A, MI L A H A R N O P I A
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/4696/1/SKRIPSI%20MILA%20HARNOPIA.pdf
http://eprints.unram.ac.id/4696/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran problem solving terhadap keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMPN 8 Mataram Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy experimental) dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 8 Mataram. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengukur pengaruh keterampilan berpikir kreatif adalah tes uraian, sedangkan untuk mengukur hasil belajar adalah test obyektif (pilihan ganda). Data dianalisis menggunakan uji-t dengan taraf kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode pembelajaran problem solving berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMPN 8 Mataram Tahun Pelajaran 2015/2016 (p < 0,05)