PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMPN 8 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Author: | MI L A H A R N O P I A, MI L A H A R N O P I A |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/4696/1/SKRIPSI%20MILA%20HARNOPIA.pdf http://eprints.unram.ac.id/4696/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran problem solving terhadap keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMPN 8 Mataram Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy experimental) dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 8 Mataram. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengukur pengaruh keterampilan berpikir kreatif adalah tes uraian, sedangkan untuk mengukur hasil belajar adalah test obyektif (pilihan ganda). Data dianalisis menggunakan uji-t dengan taraf kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode pembelajaran problem solving berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMPN 8 Mataram Tahun Pelajaran 2015/2016 (p < 0,05)