PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMPN 13 MATARAM TAHUN AJARAN 2016/2017

Main Author: SYAMSUSSABRI, M.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/4695/1/SKRIPSI%20M.%20SYAMSUSSABRI.pdf
http://eprints.unram.ac.id/4695/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPA biologi siswa kelas VIII SMPN 13 Mataram tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan yaitu desain pre-test dan post-test dengan kelompok tidak diacak. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMPN 13 Mataram. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling sehingga didapatkan kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data hasil penelitian yaitu tes hasil belajar kognitif berupa soal pilihan ganda dan hasil belajar psikomotor berupa lembar observasi Kemampuan Generik Sains (KGS). Data hasil belajar kognitif di analisis menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5% sedangkan data kemampuan generik sains dianalisis menggunakan skala pengukuran KGS yang dikutip dari Purwanto, 2013. Hasil uji hipotesis menunjukkan ρ-value < 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VIII SMPN 13 Mataram tahun ajaran 2016/2017. Pada data KGS menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen persentase KGS sebesar 79% berada pada kategori baik sedangkan kelas kontrol sebesar 62,5% berada pada kategori cukup baik. Perbedaan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing memberikan dampak yang lebih baik terhadap KGS.