Pengaruh Model Direct Instruction Berbantuan Simulasi Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik

Main Authors: Arianti, Baiq Ida, Sahidu, Hairunnisyah, Harjono, Ahmad, Gunawan, Gunawan
Format: BookSection PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Arga Puji Press , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/4625/1/Ringkasan%20Bab%209%20Buku%20Virtual%20lab.pdf
http://eprints.unram.ac.id/4625/
Daftar Isi:
  • Penemuan konsep fisika didasari dengan penemuan-penemuan ilmiah melalui percobaan yang dilakukan dengan kegiatan laboratorium. Kegiatan tersebut dapat mengembangkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati pengaruh penggunaan model direct instruction berbantuan simulasi virtual diharapkan mampu meningkatkan kemampuan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model direct instruction berbantuan simulasi virtual terhadap penguasaan konsep dan pemecahan masalah fisika peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan penguasaan konsep peserta didik setelah belajar menggunakan model tersebut. Selain itu, kemampuan pemecahan masalah mereka juga meningkat akibat adanya media virtual yang diintegrasikan dengan model pembelajaran.