PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMAN 1 PRAYA TENGAH TAHUN AJARAN 2015/2016
Main Author: | PUTRA, RODI ATMA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/4108/1/jurnal%20JPF.pdf http://eprints.unram.ac.id/4108/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran conseptual understanding procedures dan pembelajaran langsung, pendekatan saintifik, model pembelajaran conseptual understanding procedures dan pembelajaran langsung dengan pendekatan saintifik terhadap aktivitas dan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasinya adalah semua peserta didik kelas X MIPA SMAN 1 Praya Tengah. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari peserta didik kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar diperoleh melalui tes dan data aktivitas belajar diperoleh melalui observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan aktivitas belajar dan hasil belajar antara peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran conseptual understanding procedures dan peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung; (2) terdapat pengaruh pendekatan saintifik terhadap aktivitas dan hasil belajar; (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran conseptual understanding procedures dengan pendekatan saintifik dan pembelajaran langsung dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar; dan tidak ada interaksinya terhadap aktivitas belajar