PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMAN 1 PRAYA TENGAH TAHUN AJARAN 2015/2016
Main Author: | PUTRA, RODI ATMA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/4108/1/jurnal%20JPF.pdf http://eprints.unram.ac.id/4108/ |
ctrlnum |
4108 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/4108/</relation><title>PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMAN 1 PRAYA TENGAH TAHUN AJARAN 2015/2016</title><creator>PUTRA, RODI ATMA</creator><subject>QC Physics</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran conseptual understanding procedures dan pembelajaran langsung, pendekatan saintifik, model pembelajaran conseptual understanding procedures dan pembelajaran langsung dengan pendekatan saintifik terhadap aktivitas dan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasinya adalah semua peserta didik kelas X MIPA SMAN 1 Praya Tengah. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari peserta didik kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar diperoleh melalui tes dan data aktivitas belajar diperoleh melalui observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan aktivitas belajar dan hasil belajar antara peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran conseptual understanding procedures dan peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung; (2) terdapat pengaruh pendekatan saintifik terhadap aktivitas dan hasil belajar; (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran conseptual understanding procedures dengan pendekatan saintifik dan pembelajaran langsung dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar; dan tidak ada interaksinya terhadap aktivitas belajar</description><date>2016</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/4108/1/jurnal%20JPF.pdf</identifier><identifier> PUTRA, RODI ATMA (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMAN 1 PRAYA TENGAH TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>4108</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
PUTRA, RODI ATMA |
title |
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMAN 1 PRAYA TENGAH TAHUN AJARAN 2015/2016 |
publishDate |
2016 |
topic |
QC Physics |
url |
http://eprints.unram.ac.id/4108/1/jurnal%20JPF.pdf http://eprints.unram.ac.id/4108/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran conseptual understanding procedures dan pembelajaran langsung, pendekatan saintifik, model pembelajaran conseptual understanding procedures dan pembelajaran langsung dengan pendekatan saintifik terhadap aktivitas dan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasinya adalah semua peserta didik kelas X MIPA SMAN 1 Praya Tengah. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari peserta didik kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar diperoleh melalui tes dan data aktivitas belajar diperoleh melalui observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan aktivitas belajar dan hasil belajar antara peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran conseptual understanding procedures dan peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung; (2) terdapat pengaruh pendekatan saintifik terhadap aktivitas dan hasil belajar; (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran conseptual understanding procedures dengan pendekatan saintifik dan pembelajaran langsung dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar; dan tidak ada interaksinya terhadap aktivitas belajar |
id |
IOS5428.4108 |
institution |
Universitas Mataram |
institution_id |
133 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Mataram |
library_id |
541 |
collection |
Institutional Repository |
repository_id |
5428 |
subject_area |
Law/Ilmu Hukum Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan Agriculture/Industri Pertanian Economic Institutions/Institusi Ekonomi |
city |
KOTA MATARAM |
province |
NUSA TENGGARA BARAT |
repoId |
IOS5428 |
first_indexed |
2018-06-20T03:06:35Z |
last_indexed |
2018-06-20T03:06:35Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686351095990845440 |
score |
17.538404 |