PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMAN 1 PRAYA TENGAH TAHUN AJARAN 2015/2016

Main Author: PUTRA, RODI ATMA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/4108/1/jurnal%20JPF.pdf
http://eprints.unram.ac.id/4108/
ctrlnum 4108
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/4108/</relation><title>PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMAN 1 PRAYA TENGAH TAHUN AJARAN 2015/2016</title><creator>PUTRA, RODI ATMA</creator><subject>QC Physics</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran conseptual understanding procedures dan pembelajaran langsung, pendekatan saintifik, model pembelajaran conseptual understanding procedures dan pembelajaran langsung dengan pendekatan saintifik terhadap aktivitas dan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasinya adalah semua peserta didik kelas X MIPA SMAN 1 Praya Tengah. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari peserta didik kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar diperoleh melalui tes dan data aktivitas belajar diperoleh melalui observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan aktivitas belajar dan hasil belajar antara peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran conseptual understanding procedures dan peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung; (2) terdapat pengaruh pendekatan saintifik terhadap aktivitas dan hasil belajar; (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran conseptual understanding procedures dengan pendekatan saintifik dan pembelajaran langsung dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar; dan tidak ada interaksinya terhadap aktivitas belajar</description><date>2016</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/4108/1/jurnal%20JPF.pdf</identifier><identifier> PUTRA, RODI ATMA (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMAN 1 PRAYA TENGAH TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>4108</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author PUTRA, RODI ATMA
title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMAN 1 PRAYA TENGAH TAHUN AJARAN 2015/2016
publishDate 2016
topic QC Physics
url http://eprints.unram.ac.id/4108/1/jurnal%20JPF.pdf
http://eprints.unram.ac.id/4108/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran conseptual understanding procedures dan pembelajaran langsung, pendekatan saintifik, model pembelajaran conseptual understanding procedures dan pembelajaran langsung dengan pendekatan saintifik terhadap aktivitas dan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasinya adalah semua peserta didik kelas X MIPA SMAN 1 Praya Tengah. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari peserta didik kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar diperoleh melalui tes dan data aktivitas belajar diperoleh melalui observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan aktivitas belajar dan hasil belajar antara peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran conseptual understanding procedures dan peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung; (2) terdapat pengaruh pendekatan saintifik terhadap aktivitas dan hasil belajar; (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran conseptual understanding procedures dengan pendekatan saintifik dan pembelajaran langsung dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar; dan tidak ada interaksinya terhadap aktivitas belajar
id IOS5428.4108
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mataram
library_id 541
collection Institutional Repository
repository_id 5428
subject_area Law/Ilmu Hukum
Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan
Agriculture/Industri Pertanian
Economic Institutions/Institusi Ekonomi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5428
first_indexed 2018-06-20T03:06:35Z
last_indexed 2018-06-20T03:06:35Z
recordtype dc
_version_ 1686351095990845440
score 17.538404