PERBEDAAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MEDIA VIDEO DAN MEDIA POWER POINT PADA SISWA KELAS X SMAN 2 GERUNG TAHUN AJARAN 2016/2017
Main Author: | R O S I D A H, R O S I D A H |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/3505/1/SKRIPSI%20ROSIDAH.pdf http://eprints.unram.ac.id/3505/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dengan media video dan media power point pada kelas X SMAN 2 Gerung tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasy eksperimen dengan desain pretest dan posttest group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas X SMAN 2 Gerung yang terdiri dari 2 kelas. Sampel kelas dipilih dengan teknik simple random sampling dan diperoleh kelas X MIA 1 yang diajarkan menggunakan model Think Pair Share dengan media video dan kelas X MIA 2 yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan media power point. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar adalah tes dan Non-tes. Instrumen tes dalam bentuk objektif tes (pilihan ganda), sedangkan instrument Non-test menggunakan lembar observasi pada ranah afektif dan psikomotorik . Uji hipotesis menggunakan Uji-t. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa thitung = 4,782 > ttabel = 2,026, sehingga terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan menggunakan media video dan media power point.