PENGARUH METODE PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING (GNT) BERBANTUAN MEDIA CHEMO-EDUTAINMENT (CET) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA POKOK BAHASAN KONSEP REAKSI REDUKSI DAN OKSIDASI PADA SISWA KELAS X SMAN 1 GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2016/2017
Main Author: | AMALIA, ZARA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/3498/1/SKRIPSI.pdf http://eprints.unram.ac.id/3498/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran Guided Note Taking (GNT) berbantuan media Chemo-Edutainment (CET) terhadap hasil belajar kimia pokok bahasan konsep reaksi reduksi dan oksidasi pada siswa kelas X SMAN 1 Gunungsari tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental design) dengan rancangan penelitian pretest-posttest equivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Gunungsari, sementara sampel yang diambil adalah kelas X MIA 3 dan X MIA 4 dengan teknik simple random sampling. Pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan metode Guided Note Taking (GNT) berbantuan media Chemo- Edutainment (CET), sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model konvensional. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data hasil pretest dan posttest yang diolah dengan analisis kovarian (anakova). Hasil uji anakova pada taraf signifikan 5% menunjukkan Fhitung (29.07) > Ftabel (4.00) yang berarti Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan metode Guided Note Taking (GNT) berbantuan media Chemo-Edutainment (CET) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kimia materi konsep reaksi reduksi dan oksidasi pada siswa kelas X SMAN 1 Gunungsari tahun ajaran 2016/2017.