EFEKTIVITAS ALAT PERAGA PAPAN 2 WARNA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 1 GERUNG UTARA TAHUN 2016/2017
Main Author: | AYU P., DENOK |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/3000/1/DENOK%20AYU%20PRIHARTINI%20%28E1E213041%29.pdf http://eprints.unram.ac.id/3000/ |
ctrlnum |
3000 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/3000/</relation><title>EFEKTIVITAS ALAT PERAGA PAPAN 2 WARNA
TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V
SDN 1 GERUNG UTARA TAHUN 2016/2017</title><creator>AYU P., DENOK</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui
efektifitas alat peraga papan 2 warna terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas
V di SDN 1 Gerung Utara tahun 2016/2017. Jenis penelitian ini merupakan penelitian
semi eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling area.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 1 Gerung Utara tahun
2016/2017. Sedangkan yang menjadi sampelnya adalah kelas VA sebagai kelas
eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan
menggunakan angket dan tes hasil belajar. Data tes hasil belajar dianalisis
menggunakan gain ternormalisasi. Klasifikasi peningkatan penguasaan materi
pelajaran ditandai oleh besarnya <g>, yakni medium jika antara 0,3 sampai dengan
0,7. Hasil belajar siswa dikatakan meningkat secara meyakinkan (signifikan) apabila
gain score ternormalisasi rata-rata kelas post-test lebih tinggi daripada pre-test.
Diperoleh gain sebesar 24,714 dengan rata-rata pada kelas post-test (82,142) lebih
tinggi daripada rata-rata pre-test (57.428). Perolehan gain score <g> ternormalisasi
sebesar 0,580 dalam kriteria medium/sedang. Selanjutnya data yang diperoleh dari
angket dan tes hasil belajar akan dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi
pearson product moment, diperoleh hasil thitung > ttabel (0,607 > 0,334) pada taraf
kepercayaan 95%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan
signifikan antara alat peraga papan 2 warna dengan hasil belajar Matematika pada
siswa kelas V SDN 1 Gerung Utara tahun 2016/2017. Mengacu pada Hal tersebut
menunjukkan bahwa hipotesis yang diterima adalah hipotesis alternatife (Ha) yang
berbunyi alat peraga papan 2 warna efektif terhadap hasil belajar matematika siswa
kelas V SDN 1 Gerung Utara tahun pelajaran 2016/2017.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/3000/1/DENOK%20AYU%20PRIHARTINI%20%28E1E213041%29.pdf</identifier><identifier> AYU P., DENOK (2017) EFEKTIVITAS ALAT PERAGA PAPAN 2 WARNA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 1 GERUNG UTARA TAHUN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>3000</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
AYU P., DENOK |
title |
EFEKTIVITAS ALAT PERAGA PAPAN 2 WARNA
TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V
SDN 1 GERUNG UTARA TAHUN 2016/2017 |
publishDate |
2017 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.unram.ac.id/3000/1/DENOK%20AYU%20PRIHARTINI%20%28E1E213041%29.pdf http://eprints.unram.ac.id/3000/ |
contents |
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui
efektifitas alat peraga papan 2 warna terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas
V di SDN 1 Gerung Utara tahun 2016/2017. Jenis penelitian ini merupakan penelitian
semi eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling area.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 1 Gerung Utara tahun
2016/2017. Sedangkan yang menjadi sampelnya adalah kelas VA sebagai kelas
eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan
menggunakan angket dan tes hasil belajar. Data tes hasil belajar dianalisis
menggunakan gain ternormalisasi. Klasifikasi peningkatan penguasaan materi
pelajaran ditandai oleh besarnya <g>, yakni medium jika antara 0,3 sampai dengan
0,7. Hasil belajar siswa dikatakan meningkat secara meyakinkan (signifikan) apabila
gain score ternormalisasi rata-rata kelas post-test lebih tinggi daripada pre-test.
Diperoleh gain sebesar 24,714 dengan rata-rata pada kelas post-test (82,142) lebih
tinggi daripada rata-rata pre-test (57.428). Perolehan gain score <g> ternormalisasi
sebesar 0,580 dalam kriteria medium/sedang. Selanjutnya data yang diperoleh dari
angket dan tes hasil belajar akan dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi
pearson product moment, diperoleh hasil thitung > ttabel (0,607 > 0,334) pada taraf
kepercayaan 95%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan
signifikan antara alat peraga papan 2 warna dengan hasil belajar Matematika pada
siswa kelas V SDN 1 Gerung Utara tahun 2016/2017. Mengacu pada Hal tersebut
menunjukkan bahwa hipotesis yang diterima adalah hipotesis alternatife (Ha) yang
berbunyi alat peraga papan 2 warna efektif terhadap hasil belajar matematika siswa
kelas V SDN 1 Gerung Utara tahun pelajaran 2016/2017. |
id |
IOS5428.3000 |
institution |
Universitas Mataram |
institution_id |
133 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Mataram |
library_id |
541 |
collection |
Institutional Repository |
repository_id |
5428 |
subject_area |
Law/Ilmu Hukum Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan Agriculture/Industri Pertanian Economic Institutions/Institusi Ekonomi |
city |
KOTA MATARAM |
province |
NUSA TENGGARA BARAT |
repoId |
IOS5428 |
first_indexed |
2018-05-10T03:28:32Z |
last_indexed |
2018-05-10T03:28:32Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686351090520424448 |
score |
17.538404 |