EFEKTIVITAS ALAT PERAGA PAPAN 2 WARNA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 1 GERUNG UTARA TAHUN 2016/2017

Main Author: AYU P., DENOK
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/3000/1/DENOK%20AYU%20PRIHARTINI%20%28E1E213041%29.pdf
http://eprints.unram.ac.id/3000/
ctrlnum 3000
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/3000/</relation><title>EFEKTIVITAS ALAT PERAGA PAPAN 2 WARNA&#xD; TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V&#xD; SDN 1 GERUNG UTARA TAHUN 2016/2017</title><creator>AYU P., DENOK</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui&#xD; efektifitas alat peraga papan 2 warna terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas&#xD; V di SDN 1 Gerung Utara tahun 2016/2017. Jenis penelitian ini merupakan penelitian&#xD; semi eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling area.&#xD; Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 1 Gerung Utara tahun&#xD; 2016/2017. Sedangkan yang menjadi sampelnya adalah kelas VA sebagai kelas&#xD; eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan&#xD; menggunakan angket dan tes hasil belajar. Data tes hasil belajar dianalisis&#xD; menggunakan gain ternormalisasi. Klasifikasi peningkatan penguasaan materi&#xD; pelajaran ditandai oleh besarnya &lt;g&gt;, yakni medium jika antara 0,3 sampai dengan&#xD; 0,7. Hasil belajar siswa dikatakan meningkat secara meyakinkan (signifikan) apabila&#xD; gain score ternormalisasi rata-rata kelas post-test lebih tinggi daripada pre-test.&#xD; Diperoleh gain sebesar 24,714 dengan rata-rata pada kelas post-test (82,142) lebih&#xD; tinggi daripada rata-rata pre-test (57.428). Perolehan gain score &lt;g&gt; ternormalisasi&#xD; sebesar 0,580 dalam kriteria medium/sedang. Selanjutnya data yang diperoleh dari&#xD; angket dan tes hasil belajar akan dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi&#xD; pearson product moment, diperoleh hasil thitung &gt; ttabel (0,607 &gt; 0,334) pada taraf&#xD; kepercayaan 95%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan&#xD; signifikan antara alat peraga papan 2 warna dengan hasil belajar Matematika pada&#xD; siswa kelas V SDN 1 Gerung Utara tahun 2016/2017. Mengacu pada Hal tersebut&#xD; menunjukkan bahwa hipotesis yang diterima adalah hipotesis alternatife (Ha) yang&#xD; berbunyi alat peraga papan 2 warna efektif terhadap hasil belajar matematika siswa&#xD; kelas V SDN 1 Gerung Utara tahun pelajaran 2016/2017.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/3000/1/DENOK%20AYU%20PRIHARTINI%20%28E1E213041%29.pdf</identifier><identifier> AYU P., DENOK (2017) EFEKTIVITAS ALAT PERAGA PAPAN 2 WARNA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 1 GERUNG UTARA TAHUN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>3000</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author AYU P., DENOK
title EFEKTIVITAS ALAT PERAGA PAPAN 2 WARNA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 1 GERUNG UTARA TAHUN 2016/2017
publishDate 2017
topic L Education (General)
url http://eprints.unram.ac.id/3000/1/DENOK%20AYU%20PRIHARTINI%20%28E1E213041%29.pdf
http://eprints.unram.ac.id/3000/
contents Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektifitas alat peraga papan 2 warna terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V di SDN 1 Gerung Utara tahun 2016/2017. Jenis penelitian ini merupakan penelitian semi eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling area. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 1 Gerung Utara tahun 2016/2017. Sedangkan yang menjadi sampelnya adalah kelas VA sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan angket dan tes hasil belajar. Data tes hasil belajar dianalisis menggunakan gain ternormalisasi. Klasifikasi peningkatan penguasaan materi pelajaran ditandai oleh besarnya <g>, yakni medium jika antara 0,3 sampai dengan 0,7. Hasil belajar siswa dikatakan meningkat secara meyakinkan (signifikan) apabila gain score ternormalisasi rata-rata kelas post-test lebih tinggi daripada pre-test. Diperoleh gain sebesar 24,714 dengan rata-rata pada kelas post-test (82,142) lebih tinggi daripada rata-rata pre-test (57.428). Perolehan gain score <g> ternormalisasi sebesar 0,580 dalam kriteria medium/sedang. Selanjutnya data yang diperoleh dari angket dan tes hasil belajar akan dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi pearson product moment, diperoleh hasil thitung > ttabel (0,607 > 0,334) pada taraf kepercayaan 95%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara alat peraga papan 2 warna dengan hasil belajar Matematika pada siswa kelas V SDN 1 Gerung Utara tahun 2016/2017. Mengacu pada Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diterima adalah hipotesis alternatife (Ha) yang berbunyi alat peraga papan 2 warna efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 1 Gerung Utara tahun pelajaran 2016/2017.
id IOS5428.3000
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mataram
library_id 541
collection Institutional Repository
repository_id 5428
subject_area Law/Ilmu Hukum
Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan
Agriculture/Industri Pertanian
Economic Institutions/Institusi Ekonomi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5428
first_indexed 2018-05-10T03:28:32Z
last_indexed 2018-05-10T03:28:32Z
recordtype dc
_version_ 1686351090520424448
score 17.538404