PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL ANCHORED INSTRUCTION BERBANTUAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PESERTA DIDIK
Main Author: | Lalu, Romi Setiawan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/17150/1/SKRIPSI%20LALU%20ROMI%20%28E1Q016030%29.pdf http://eprints.unram.ac.id/17150/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran model anchored instruction berbantuan video yang layak digunakan untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika dan kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik. Desain penelitian yang diadaptasi dari model 4D terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Tahapan penelitian dibatasi sampa dengan tahap develop. Produk yang dikembangkan berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), instrumen tes penguasaan konsep, instrumen tes kemampuan pemecahan masalah serta video pembelajaran. Hasil validitas dari empat validator dengan menggunakan perhitungan Content Validity Ratio (CVR) dan Content Validity Index (CVI) menunjukkan nilai 1 (sangat valid) untuk seluruh produk yang dikembangkan. Perhitungan reliabilitas menggunakan perhitungan Percentage Agreement (PA) menunjukkan keseluruhan aspek yang dinilai memiliki nilai PA lebih besar dari 75% dengan kategori reliabel. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik.