PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL ANCHORED INSTRUCTION BERBANTUAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PESERTA DIDIK
Main Author: | Lalu, Romi Setiawan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/17150/1/SKRIPSI%20LALU%20ROMI%20%28E1Q016030%29.pdf http://eprints.unram.ac.id/17150/ |
ctrlnum |
17150 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/17150/</relation><title>PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL 
ANCHORED INSTRUCTION BERBANTUAN VIDEO UNTUK 
MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN 
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH 
FISIKA PESERTA DIDIK</title><creator>Lalu, Romi Setiawan</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk 
menghasilkan perangkat pembelajaran model anchored instruction berbantuan 
video yang layak digunakan untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika dan 
kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik. Desain penelitian yang 
diadaptasi dari model 4D terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. 
Tahapan penelitian dibatasi sampa dengan tahap develop. Produk yang 
dikembangkan berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar 
Kerja Peserta Didik (LKPD), instrumen tes penguasaan konsep, instrumen tes 
kemampuan pemecahan masalah serta video pembelajaran. Hasil validitas dari 
empat validator dengan menggunakan perhitungan Content Validity Ratio (CVR) 
dan Content Validity Index (CVI) menunjukkan nilai 1 (sangat valid) untuk seluruh 
produk yang dikembangkan. Perhitungan reliabilitas menggunakan perhitungan 
Percentage Agreement (PA) menunjukkan keseluruhan aspek yang dinilai memiliki 
nilai PA lebih besar dari 75% dengan kategori reliabel. Berdasarkan hasil tersebut 
dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak 
digunakan untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan 
masalah fisika peserta didik.</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/17150/1/SKRIPSI%20LALU%20ROMI%20%28E1Q016030%29.pdf</identifier><identifier> Lalu, Romi Setiawan (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL ANCHORED INSTRUCTION BERBANTUAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>17150</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Lalu, Romi Setiawan |
title |
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL
ANCHORED INSTRUCTION BERBANTUAN VIDEO UNTUK
MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
FISIKA PESERTA DIDIK |
publishDate |
2020 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.unram.ac.id/17150/1/SKRIPSI%20LALU%20ROMI%20%28E1Q016030%29.pdf http://eprints.unram.ac.id/17150/ |
contents |
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk
menghasilkan perangkat pembelajaran model anchored instruction berbantuan
video yang layak digunakan untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika dan
kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik. Desain penelitian yang
diadaptasi dari model 4D terdiri dari define, design, develop, dan disseminate.
Tahapan penelitian dibatasi sampa dengan tahap develop. Produk yang
dikembangkan berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar
Kerja Peserta Didik (LKPD), instrumen tes penguasaan konsep, instrumen tes
kemampuan pemecahan masalah serta video pembelajaran. Hasil validitas dari
empat validator dengan menggunakan perhitungan Content Validity Ratio (CVR)
dan Content Validity Index (CVI) menunjukkan nilai 1 (sangat valid) untuk seluruh
produk yang dikembangkan. Perhitungan reliabilitas menggunakan perhitungan
Percentage Agreement (PA) menunjukkan keseluruhan aspek yang dinilai memiliki
nilai PA lebih besar dari 75% dengan kategori reliabel. Berdasarkan hasil tersebut
dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak
digunakan untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan
masalah fisika peserta didik. |
id |
IOS5428.17150 |
institution |
Universitas Mataram |
institution_id |
133 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Mataram |
library_id |
541 |
collection |
Institutional Repository |
repository_id |
5428 |
subject_area |
Law/Ilmu Hukum Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan Agriculture/Industri Pertanian Economic Institutions/Institusi Ekonomi |
city |
KOTA MATARAM |
province |
NUSA TENGGARA BARAT |
repoId |
IOS5428 |
first_indexed |
2020-09-26T02:49:53Z |
last_indexed |
2020-09-26T02:49:53Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686351282192777216 |
score |
17.538404 |