PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL ANCHORED INSTRUCTION BERBANTUAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PESERTA DIDIK

Main Author: Lalu, Romi Setiawan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/17150/1/SKRIPSI%20LALU%20ROMI%20%28E1Q016030%29.pdf
http://eprints.unram.ac.id/17150/
ctrlnum 17150
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/17150/</relation><title>PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL &#xD; ANCHORED INSTRUCTION BERBANTUAN VIDEO UNTUK &#xD; MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN &#xD; KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH &#xD; FISIKA PESERTA DIDIK</title><creator>Lalu, Romi Setiawan</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk &#xD; menghasilkan perangkat pembelajaran model anchored instruction berbantuan &#xD; video yang layak digunakan untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika dan &#xD; kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik. Desain penelitian yang &#xD; diadaptasi dari model 4D terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. &#xD; Tahapan penelitian dibatasi sampa dengan tahap develop. Produk yang &#xD; dikembangkan berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar &#xD; Kerja Peserta Didik (LKPD), instrumen tes penguasaan konsep, instrumen tes &#xD; kemampuan pemecahan masalah serta video pembelajaran. Hasil validitas dari &#xD; empat validator dengan menggunakan perhitungan Content Validity Ratio (CVR) &#xD; dan Content Validity Index (CVI) menunjukkan nilai 1 (sangat valid) untuk seluruh &#xD; produk yang dikembangkan. Perhitungan reliabilitas menggunakan perhitungan &#xD; Percentage Agreement (PA) menunjukkan keseluruhan aspek yang dinilai memiliki &#xD; nilai PA lebih besar dari 75% dengan kategori reliabel. Berdasarkan hasil tersebut &#xD; dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak &#xD; digunakan untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan &#xD; masalah fisika peserta didik.</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/17150/1/SKRIPSI%20LALU%20ROMI%20%28E1Q016030%29.pdf</identifier><identifier> Lalu, Romi Setiawan (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL ANCHORED INSTRUCTION BERBANTUAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>17150</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Lalu, Romi Setiawan
title PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL ANCHORED INSTRUCTION BERBANTUAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PESERTA DIDIK
publishDate 2020
topic L Education (General)
url http://eprints.unram.ac.id/17150/1/SKRIPSI%20LALU%20ROMI%20%28E1Q016030%29.pdf
http://eprints.unram.ac.id/17150/
contents Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran model anchored instruction berbantuan video yang layak digunakan untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika dan kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik. Desain penelitian yang diadaptasi dari model 4D terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Tahapan penelitian dibatasi sampa dengan tahap develop. Produk yang dikembangkan berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), instrumen tes penguasaan konsep, instrumen tes kemampuan pemecahan masalah serta video pembelajaran. Hasil validitas dari empat validator dengan menggunakan perhitungan Content Validity Ratio (CVR) dan Content Validity Index (CVI) menunjukkan nilai 1 (sangat valid) untuk seluruh produk yang dikembangkan. Perhitungan reliabilitas menggunakan perhitungan Percentage Agreement (PA) menunjukkan keseluruhan aspek yang dinilai memiliki nilai PA lebih besar dari 75% dengan kategori reliabel. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik.
id IOS5428.17150
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mataram
library_id 541
collection Institutional Repository
repository_id 5428
subject_area Law/Ilmu Hukum
Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan
Agriculture/Industri Pertanian
Economic Institutions/Institusi Ekonomi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5428
first_indexed 2020-09-26T02:49:53Z
last_indexed 2020-09-26T02:49:53Z
recordtype dc
_version_ 1686351282192777216
score 17.538404