PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN KIT ALAT PERCOBAAN USAHA DAN ENERGI TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK

Main Author: Tegar Septiaji Pramudyawan, M.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/16906/1/M.%20TEGAR%20SEPTIAJI%20P.%20%28%20E1Q%20015%20034%29%20PDF.pdf
http://eprints.unram.ac.id/16906/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan kit alat percobaan usaha dan energi terhadap penguasaan konsep fisika peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain posttest-only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MS SMAN 1 Kediri. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik random sampling, sehingga terpilih peserta didik kelas X MS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MS 2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan berupa model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan kit alat percobaan usaha dan energi dan kelas kontrol diberi perlakuan berupa pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengukur penguasaan konsep adalah instrumen tes berupa tes pilihan ganda sebanyak 25 butir soal. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji t polled varian. Hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan kit alat percobaan usaha dan energi terhadap penguasaan konsep fisika peserta didik.