PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN KIT ALAT PERCOBAAN USAHA DAN ENERGI TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK
Main Author: | Tegar Septiaji Pramudyawan, M. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/16906/1/M.%20TEGAR%20SEPTIAJI%20P.%20%28%20E1Q%20015%20034%29%20PDF.pdf http://eprints.unram.ac.id/16906/ |
ctrlnum |
16906 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/16906/</relation><title>PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING 
BERBANTUAN KIT ALAT PERCOBAAN USAHA DAN ENERGI 
TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK</title><creator>Tegar Septiaji Pramudyawan, M.</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran 
inkuiri terbimbing berbantuan kit alat percobaan usaha dan energi terhadap 
penguasaan konsep fisika peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah 
kuasi eksperimen dengan desain posttest-only control group design. Populasi 
pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MS SMAN 1 Kediri. 
Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik random sampling, sehingga 
terpilih peserta didik kelas X MS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MS 2 
sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan berupa model 
pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan kit alat percobaan usaha dan energi 
dan kelas kontrol diberi perlakuan berupa pembelajaran konvensional. Instrumen 
yang digunakan untuk mengukur penguasaan konsep adalah instrumen tes 
berupa tes pilihan ganda sebanyak 25 butir soal. Hipotesis penelitian diuji 
menggunakan uji t polled varian. Hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat 
pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan kit alat percobaan 
usaha dan energi terhadap penguasaan konsep fisika peserta didik.</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/16906/1/M.%20TEGAR%20SEPTIAJI%20P.%20%28%20E1Q%20015%20034%29%20PDF.pdf</identifier><identifier> Tegar Septiaji Pramudyawan, M. (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN KIT ALAT PERCOBAAN USAHA DAN ENERGI TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>16906</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Tegar Septiaji Pramudyawan, M. |
title |
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING
BERBANTUAN KIT ALAT PERCOBAAN USAHA DAN ENERGI
TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK |
publishDate |
2019 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.unram.ac.id/16906/1/M.%20TEGAR%20SEPTIAJI%20P.%20%28%20E1Q%20015%20034%29%20PDF.pdf http://eprints.unram.ac.id/16906/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran
inkuiri terbimbing berbantuan kit alat percobaan usaha dan energi terhadap
penguasaan konsep fisika peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah
kuasi eksperimen dengan desain posttest-only control group design. Populasi
pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MS SMAN 1 Kediri.
Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik random sampling, sehingga
terpilih peserta didik kelas X MS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MS 2
sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan berupa model
pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan kit alat percobaan usaha dan energi
dan kelas kontrol diberi perlakuan berupa pembelajaran konvensional. Instrumen
yang digunakan untuk mengukur penguasaan konsep adalah instrumen tes
berupa tes pilihan ganda sebanyak 25 butir soal. Hipotesis penelitian diuji
menggunakan uji t polled varian. Hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan kit alat percobaan
usaha dan energi terhadap penguasaan konsep fisika peserta didik. |
id |
IOS5428.16906 |
institution |
Universitas Mataram |
institution_id |
133 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Mataram |
library_id |
541 |
collection |
Institutional Repository |
repository_id |
5428 |
subject_area |
Law/Ilmu Hukum Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan Agriculture/Industri Pertanian Economic Institutions/Institusi Ekonomi |
city |
KOTA MATARAM |
province |
NUSA TENGGARA BARAT |
repoId |
IOS5428 |
first_indexed |
2020-09-26T02:49:48Z |
last_indexed |
2020-09-26T02:49:48Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686351280769859584 |
score |
17.538404 |