PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN KIT ALAT PERCOBAAN USAHA DAN ENERGI TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK

Main Author: Tegar Septiaji Pramudyawan, M.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/16906/1/M.%20TEGAR%20SEPTIAJI%20P.%20%28%20E1Q%20015%20034%29%20PDF.pdf
http://eprints.unram.ac.id/16906/
ctrlnum 16906
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/16906/</relation><title>PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING &#xD; BERBANTUAN KIT ALAT PERCOBAAN USAHA DAN ENERGI &#xD; TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK</title><creator>Tegar Septiaji Pramudyawan, M.</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran &#xD; inkuiri terbimbing berbantuan kit alat percobaan usaha dan energi terhadap &#xD; penguasaan konsep fisika peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah &#xD; kuasi eksperimen dengan desain posttest-only control group design. Populasi &#xD; pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MS SMAN 1 Kediri. &#xD; Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik random sampling, sehingga &#xD; terpilih peserta didik kelas X MS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MS 2 &#xD; sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan berupa model &#xD; pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan kit alat percobaan usaha dan energi &#xD; dan kelas kontrol diberi perlakuan berupa pembelajaran konvensional. Instrumen &#xD; yang digunakan untuk mengukur penguasaan konsep adalah instrumen tes &#xD; berupa tes pilihan ganda sebanyak 25 butir soal. Hipotesis penelitian diuji &#xD; menggunakan uji t polled varian. Hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat &#xD; pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan kit alat percobaan &#xD; usaha dan energi terhadap penguasaan konsep fisika peserta didik.</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/16906/1/M.%20TEGAR%20SEPTIAJI%20P.%20%28%20E1Q%20015%20034%29%20PDF.pdf</identifier><identifier> Tegar Septiaji Pramudyawan, M. (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN KIT ALAT PERCOBAAN USAHA DAN ENERGI TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>16906</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Tegar Septiaji Pramudyawan, M.
title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN KIT ALAT PERCOBAAN USAHA DAN ENERGI TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK
publishDate 2019
topic L Education (General)
url http://eprints.unram.ac.id/16906/1/M.%20TEGAR%20SEPTIAJI%20P.%20%28%20E1Q%20015%20034%29%20PDF.pdf
http://eprints.unram.ac.id/16906/
contents Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan kit alat percobaan usaha dan energi terhadap penguasaan konsep fisika peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain posttest-only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MS SMAN 1 Kediri. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik random sampling, sehingga terpilih peserta didik kelas X MS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MS 2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan berupa model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan kit alat percobaan usaha dan energi dan kelas kontrol diberi perlakuan berupa pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengukur penguasaan konsep adalah instrumen tes berupa tes pilihan ganda sebanyak 25 butir soal. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji t polled varian. Hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan kit alat percobaan usaha dan energi terhadap penguasaan konsep fisika peserta didik.
id IOS5428.16906
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mataram
library_id 541
collection Institutional Repository
repository_id 5428
subject_area Law/Ilmu Hukum
Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan
Agriculture/Industri Pertanian
Economic Institutions/Institusi Ekonomi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5428
first_indexed 2020-09-26T02:49:48Z
last_indexed 2020-09-26T02:49:48Z
recordtype dc
_version_ 1686351280769859584
score 17.538404