PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMPN 2 LABUAPI

Main Author: Hermawati, Ria
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/16249/1/SKRIPSI%20RIA%20HERMAWATI.docx
http://eprints.unram.ac.id/16249/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adala untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran koooperatif tipe think pair share terhadap hasil belajar pengetahuan siswa kelas VIII pada mata pelajaran PPKn di SMPN 2 Labuapi. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan Equevalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah test bentuk pilihan ganda sebanyak 17 item untuk mengukur hasil belajar peserta didik. data hasil belajar peserta didik diambil menggunakan test pilihan ganda yang sudah memenuhi persyaratan instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa t-hitung (2,283) > dari t-tabel (2,070) pada taraf signifikan 5%, artinya hasil penelitian menujukan bahwa ada pengaruh pengaruh model pembelajaran koooperatif tipe think pair share terhadap hasil belajar pengetahuan siswa kelas VIII pada mata pelajaran PPKn di SMPN 2 Labuapi.