HUBUNGAN INTERAKSI EDUKATIF DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN GUGUS III SANDUBAYA TAHUN AJARAN 2018/2019
Main Author: | WAHYUNI, DEWI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/14913/1/SKRIPSI.pdf http://eprints.unram.ac.id/14913/ |
Daftar Isi:
- Salah satu interaksi yang terjadi dalam dunia pendidikan yakni “interaksi edukatif”.Interaksi edukatif dengan pola interaksi edukatif multi arah yakni interaksi pengajar dengan warga belajar dan juga warga belajar dengan warga belajar lainnya, diharapkan merupakan proses motivasi.Sejalan dengan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara interaksi edukatif dengan motivasi belajar siswa SDN Gugus III Sandubaya.Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan penelitian korelasional.Populasi yang diambil yakn sebanyak 134 siswa kelas IV SDN Gugus III Sandubaya.Sampel yang digunakan sebanyak 66 siswa yang diambil melalui Teknik simple random sampling.Penelitian menggunakan angket Interaksi Edukatif dan angket motivasi belajar siswa. Pengujian hipotesis dengan analisis statistik korelasi product moment dari pearson. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara interaksi edukatif dengan motivasi belajar siswa, dimana 0,310 > 0,23 yang berarti nilai koefisien korelasi yang dihasilkan lebih besar dari r tabel, dengan sig(2-tailed) atau p= 0,01, dimana 0,01 ˂ 0,05 yang berarti nilai p lebih kecil dari taraf siginifikansi. Berdasarkan hasil 0,310 yang dihasilkan menunjukkan tingkat hubungan antara interaksi edukatif dengan motivasi belajar tergolong hubungan moderat karena termasuk dalam interval koefisien 0,30-0,49 yang ada pada tabel pedoman interpretasi koefisien korelasi. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil uji hipotesis dari penelitian ialah Ha diterima dan Ho ditolak.