HUBUNGAN INTERAKSI EDUKATIF DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN GUGUS III SANDUBAYA TAHUN AJARAN 2018/2019
Main Author: | WAHYUNI, DEWI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/14913/1/SKRIPSI.pdf http://eprints.unram.ac.id/14913/ |
ctrlnum |
14913 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/14913/</relation><title>HUBUNGAN INTERAKSI EDUKATIF DENGAN MOTIVASI BELAJAR 
SISWA KELAS IV SDN GUGUS III SANDUBAYA 
TAHUN AJARAN 2018/2019</title><creator>WAHYUNI, DEWI</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Salah satu interaksi yang terjadi dalam dunia pendidikan yakni “interaksi 
edukatif”.Interaksi edukatif dengan pola interaksi edukatif multi arah yakni interaksi 
pengajar dengan warga belajar dan juga warga belajar dengan warga belajar lainnya, 
diharapkan merupakan proses motivasi.Sejalan dengan hal tersebut penelitian ini 
bertujuan untuk mengetahui hubungan antara interaksi edukatif dengan motivasi 
belajar siswa SDN Gugus III Sandubaya.Peneliti menggunakan metode kuantitatif 
dengan rancangan penelitian korelasional.Populasi yang diambil yakn sebanyak 134 
siswa kelas IV SDN Gugus III Sandubaya.Sampel yang digunakan sebanyak 66 siswa 
yang diambil melalui Teknik simple random sampling.Penelitian menggunakan 
angket Interaksi Edukatif dan angket motivasi belajar siswa. Pengujian hipotesis 
dengan analisis statistik korelasi product moment dari pearson. Hasil uji hipotesis 
menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara interaksi 
edukatif dengan motivasi belajar siswa, dimana 0,310 > 0,23 yang berarti nilai 
koefisien korelasi yang dihasilkan lebih besar dari r tabel, dengan sig(2-tailed) atau 
p= 0,01, dimana 0,01 ˂ 0,05 yang berarti nilai p lebih kecil dari taraf siginifikansi. 
Berdasarkan hasil 0,310 yang dihasilkan menunjukkan tingkat hubungan antara 
interaksi edukatif dengan motivasi belajar tergolong hubungan moderat karena 
termasuk dalam interval koefisien 0,30-0,49 yang ada pada tabel pedoman 
interpretasi koefisien korelasi. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil uji hipotesis dari 
penelitian ialah Hₐ diterima dan Hₒ ditolak.</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/14913/1/SKRIPSI.pdf</identifier><identifier> WAHYUNI, DEWI (2019) HUBUNGAN INTERAKSI EDUKATIF DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN GUGUS III SANDUBAYA TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>14913</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
WAHYUNI, DEWI |
title |
HUBUNGAN INTERAKSI EDUKATIF DENGAN MOTIVASI BELAJAR
SISWA KELAS IV SDN GUGUS III SANDUBAYA
TAHUN AJARAN 2018/2019 |
publishDate |
2019 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.unram.ac.id/14913/1/SKRIPSI.pdf http://eprints.unram.ac.id/14913/ |
contents |
Salah satu interaksi yang terjadi dalam dunia pendidikan yakni “interaksi
edukatif”.Interaksi edukatif dengan pola interaksi edukatif multi arah yakni interaksi
pengajar dengan warga belajar dan juga warga belajar dengan warga belajar lainnya,
diharapkan merupakan proses motivasi.Sejalan dengan hal tersebut penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui hubungan antara interaksi edukatif dengan motivasi
belajar siswa SDN Gugus III Sandubaya.Peneliti menggunakan metode kuantitatif
dengan rancangan penelitian korelasional.Populasi yang diambil yakn sebanyak 134
siswa kelas IV SDN Gugus III Sandubaya.Sampel yang digunakan sebanyak 66 siswa
yang diambil melalui Teknik simple random sampling.Penelitian menggunakan
angket Interaksi Edukatif dan angket motivasi belajar siswa. Pengujian hipotesis
dengan analisis statistik korelasi product moment dari pearson. Hasil uji hipotesis
menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara interaksi
edukatif dengan motivasi belajar siswa, dimana 0,310 > 0,23 yang berarti nilai
koefisien korelasi yang dihasilkan lebih besar dari r tabel, dengan sig(2-tailed) atau
p= 0,01, dimana 0,01 ˂ 0,05 yang berarti nilai p lebih kecil dari taraf siginifikansi.
Berdasarkan hasil 0,310 yang dihasilkan menunjukkan tingkat hubungan antara
interaksi edukatif dengan motivasi belajar tergolong hubungan moderat karena
termasuk dalam interval koefisien 0,30-0,49 yang ada pada tabel pedoman
interpretasi koefisien korelasi. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil uji hipotesis dari
penelitian ialah Ha diterima dan Ho ditolak. |
id |
IOS5428.14913 |
institution |
Universitas Mataram |
institution_id |
133 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Mataram |
library_id |
541 |
collection |
Institutional Repository |
repository_id |
5428 |
subject_area |
Law/Ilmu Hukum Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan Agriculture/Industri Pertanian Economic Institutions/Institusi Ekonomi |
city |
KOTA MATARAM |
province |
NUSA TENGGARA BARAT |
repoId |
IOS5428 |
first_indexed |
2019-12-15T19:54:42Z |
last_indexed |
2019-12-15T19:54:42Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686351272655978496 |
score |
17.538404 |