HUBUNGAN INTERAKSI EDUKATIF DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN GUGUS III SANDUBAYA TAHUN AJARAN 2018/2019

Main Author: WAHYUNI, DEWI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/14913/1/SKRIPSI.pdf
http://eprints.unram.ac.id/14913/
ctrlnum 14913
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/14913/</relation><title>HUBUNGAN INTERAKSI EDUKATIF DENGAN MOTIVASI BELAJAR &#xD; SISWA KELAS IV SDN GUGUS III SANDUBAYA &#xD; TAHUN AJARAN 2018/2019</title><creator>WAHYUNI, DEWI</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Salah satu interaksi yang terjadi dalam dunia pendidikan yakni &#x201C;interaksi &#xD; edukatif&#x201D;.Interaksi edukatif dengan pola interaksi edukatif multi arah yakni interaksi &#xD; pengajar dengan warga belajar dan juga warga belajar dengan warga belajar lainnya, &#xD; diharapkan merupakan proses motivasi.Sejalan dengan hal tersebut penelitian ini &#xD; bertujuan untuk mengetahui hubungan antara interaksi edukatif dengan motivasi &#xD; belajar siswa SDN Gugus III Sandubaya.Peneliti menggunakan metode kuantitatif &#xD; dengan rancangan penelitian korelasional.Populasi yang diambil yakn sebanyak 134 &#xD; siswa kelas IV SDN Gugus III Sandubaya.Sampel yang digunakan sebanyak 66 siswa &#xD; yang diambil melalui Teknik simple random sampling.Penelitian menggunakan &#xD; angket Interaksi Edukatif dan angket motivasi belajar siswa. Pengujian hipotesis &#xD; dengan analisis statistik korelasi product moment dari pearson. Hasil uji hipotesis &#xD; menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara interaksi &#xD; edukatif dengan motivasi belajar siswa, dimana 0,310 &gt; 0,23 yang berarti nilai &#xD; koefisien korelasi yang dihasilkan lebih besar dari r tabel, dengan sig(2-tailed) atau &#xD; p= 0,01, dimana 0,01 &#x2C2; 0,05 yang berarti nilai p lebih kecil dari taraf siginifikansi. &#xD; Berdasarkan hasil 0,310 yang dihasilkan menunjukkan tingkat hubungan antara &#xD; interaksi edukatif dengan motivasi belajar tergolong hubungan moderat karena &#xD; termasuk dalam interval koefisien 0,30-0,49 yang ada pada tabel pedoman &#xD; interpretasi koefisien korelasi. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil uji hipotesis dari &#xD; penelitian ialah H&#x2090; diterima dan H&#x2092; ditolak.</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/14913/1/SKRIPSI.pdf</identifier><identifier> WAHYUNI, DEWI (2019) HUBUNGAN INTERAKSI EDUKATIF DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN GUGUS III SANDUBAYA TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>14913</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author WAHYUNI, DEWI
title HUBUNGAN INTERAKSI EDUKATIF DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN GUGUS III SANDUBAYA TAHUN AJARAN 2018/2019
publishDate 2019
topic L Education (General)
url http://eprints.unram.ac.id/14913/1/SKRIPSI.pdf
http://eprints.unram.ac.id/14913/
contents Salah satu interaksi yang terjadi dalam dunia pendidikan yakni “interaksi edukatif”.Interaksi edukatif dengan pola interaksi edukatif multi arah yakni interaksi pengajar dengan warga belajar dan juga warga belajar dengan warga belajar lainnya, diharapkan merupakan proses motivasi.Sejalan dengan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara interaksi edukatif dengan motivasi belajar siswa SDN Gugus III Sandubaya.Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan penelitian korelasional.Populasi yang diambil yakn sebanyak 134 siswa kelas IV SDN Gugus III Sandubaya.Sampel yang digunakan sebanyak 66 siswa yang diambil melalui Teknik simple random sampling.Penelitian menggunakan angket Interaksi Edukatif dan angket motivasi belajar siswa. Pengujian hipotesis dengan analisis statistik korelasi product moment dari pearson. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara interaksi edukatif dengan motivasi belajar siswa, dimana 0,310 > 0,23 yang berarti nilai koefisien korelasi yang dihasilkan lebih besar dari r tabel, dengan sig(2-tailed) atau p= 0,01, dimana 0,01 ˂ 0,05 yang berarti nilai p lebih kecil dari taraf siginifikansi. Berdasarkan hasil 0,310 yang dihasilkan menunjukkan tingkat hubungan antara interaksi edukatif dengan motivasi belajar tergolong hubungan moderat karena termasuk dalam interval koefisien 0,30-0,49 yang ada pada tabel pedoman interpretasi koefisien korelasi. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil uji hipotesis dari penelitian ialah Ha diterima dan Ho ditolak.
id IOS5428.14913
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mataram
library_id 541
collection Institutional Repository
repository_id 5428
subject_area Law/Ilmu Hukum
Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan
Agriculture/Industri Pertanian
Economic Institutions/Institusi Ekonomi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5428
first_indexed 2019-12-15T19:54:42Z
last_indexed 2019-12-15T19:54:42Z
recordtype dc
_version_ 1686351272655978496
score 17.538404